3 Cara Membackup Thema Pada WordPress Selfhost

0
75
3 Cara Membackup Thema Pada WordPress Selfhost

3 Cara Membackup Thema Pada WordPress Selfhost, Di artikel ini saya akan memberikan tutorial cara membackup theme wordpress. membackup theme wordpres sangat berguna jika anda ingin mengganti theme wordpress. dibawah ini ada beberapa cara untuk membackup theme di wordpress anda.

3 Cara Membackup Thema Pada WordPress Selfhost

1. Menggunakan File Manager

Cara pertama yaitu menggunakan File manager. cara ini merupakan cara yang cepat untuk membackup theme wordpress anda. caranya yaitu :

a. login ke cPanel

b. Kemudian klik logo File Manager

c. Selanjutnya Klik folder public_html

d. Kemudian Klik Wp-content lalu klik folder Themes

e. Selanjutnya klik kanan pada nama theme yang akan di backup kemudian klik kompres. setelah di kompres klik Download. setelah selesai di download theme wordpress anda sudah berhasil di backup. lihat gambar di bawah :

3 Cara Membackup Thema Pada WordPress Selfhost

 

 

2. Menggunakan Plugin WordPress

WordPress mempunyai banyak sekali plugin pilihan termasuk plugin untuk membackup theme. contoh plugin untuk membackup theme yaitu backWPup, UpdraftPlus dan banyak yang lainya. jika anda ingin membackup theme anda menggunakan plugin maka anda harus menginstalnya di wordpress anda. caranya sangat gampang. anda masuk ke dashboard wordpress anda, kemudian anda pilih menu plugin add new, di menu plugin anda akan melihat tombol pencari. disana anda tulis Backup. pilih plugin yang ingin anda pakai untuk membackup, jika sudah mendapatkan pilihan selanjutnya anda klik Instal, setelah selesai di instal kemudian anda klik Activate. selesai plugin anda sudah bisa di pakai untuk membackup theme wordpress anda.

lihat gambar dibawah :

3 Cara Membackup Thema Pada WordPress Selfhost

 

 

3.  Menggunakan Backup Wizard

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan Backup wizard. cara ini terdapat di cPanel sama seperti cara pertama. cuma cara ketiga ini menggunakan Backup Wizard. cara menggunakan backup ini yaitu pertama anda masuk ke menu cPanel, kemudian klik pada menu backup Wizard, kemudian anda klik backup. anda bisa mengklik Full Backup atau Home diretory. cara ini mungkin membutuhkan waktu yang lama atau tergantung banyaknya file anda.

3 Cara Membackup Thema Pada WordPress Selfhost

 

Itulah beberapa cara untuk membackup theme worpdress anda. anda bisa memilih salah satunya sesuai kemampuan anda. jika anda mempunyai cara lain untuk membackup theme wordpress anda bisa membaginya di kolom komentar di bawah.

Jika anda suka dengan artikel ini anda bisa membagikanya ke teman anda dengan mengklik tombol sosial media di  bawah ini. terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here