4 Vitamin Terbaik Untuk Ibu Hamil Rekomendasi Pilihan Dokter

0
1670
4 Vitamin Terbaik Untuk Ibu Hamil Rekomendasi Pilihan Dokter
4 Vitamin Terbaik Untuk Ibu Hamil Rekomendasi Pilihan Dokter

4 Vitamin Terbaik Untuk Ibu Hamil Rekomendasi Pilihan Dokter – Ketika anda sedang hamil, anda diwajibkan untuk selalu menjaga pola makan anda supaya janin dalam kandungan tetap sehat. Selain itu menjaga pola makan yang baik juga dapat meningkatkan kesehatan anda selama masa kehamilan.

Tidak hanya makanan yang harus selalu di jaga, tetapi anda juga perlu mengkonsumsi vitamin yang baik untuk mendukung kesehatan bayi anda. Anda bisa mendapatkan vitamin yang bagus untuk ibu hamil dengan berkonsultasi langsung ke dokter kandungan.

Dibawah ini ada 4 vitamin untuk ibu hamil yang mungkin sangat diperlukan. Suplemen yang mengandung vitamin memang tidak semuanya dibutuhkan oleh ibu hamil, namun jika keadaan ibu hamil dan janinya dalam keadaan tidak baik mungkin vitamin sangat dibutuhkan. Jadi untuk lebih amanya sebaiknya konsultasikan dahulu ke dokter kandungan mengenai makanan apa yang bagus untuk ibu hamil dan juga vitaminya.

4 Vitamin Terbaik Untuk Ibu Hamil Rekomendasi Pilihan Dokter

4 Vitamin Terbaik Untuk Ibu Hamil Rekomendasi Pilihan Dokter
4 Vitamin Terbaik Untuk Ibu Hamil Rekomendasi Pilihan Dokter

1. Kalsium

Kalsium merupakan kebutuhan yang sangat penting saat hamil. Kalsium berfungsi untuk membentuk tulang dan pertumbuhan janin dalam kandungan. Selain itu kalsium juga berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi bayi yang masih dalam kandungan.

Sumber kalsium untuk ibu hamil yang mudah didapatkan ada pada sayuran hijau, kacang-kacangan, susu, yoghurt, tempe dan tahu. Makanan-makan tersebut bisa anda konsumsi setiap hari dengan menu makanan yang berbeda-beda.


Baca Juga :


Selain dari makanan, kalsium juga dapat anda temukan dari beberapa suplemen seperti elkana, cavit D3, Obical, Cal95, Calplex, Dumocalcin, Calcidin, CDR dan masih banyak lagi. Suplemen yang mengandung kalsium tersebut dapat anda temukan di apotek-apotek terdekat.

2. Asam Folat

Asam folat merupakan vitamin yang wajib diminum oleh ibu hamil, asam folat memiliki beberapa manfaat. Diantaranya adalah :

  • Mencegah kecacatan pada sistem saraf bayi (neural tube defect – NTD).
  • Untuk memproduksi eritrosit
  • Mencegah terjadinya keguguran
  • Mencegah terjadinya kerusakan pada otak janin
  • Asam folat juga dapat memproduksi sel darah merah
  • Mencegah penyakit jantung

Untuk itu bagi ibu hamil yang sedang merencanakan kehamilan sebaiknya mengkonsumsi asam folat sebanyak 400-800 mikrogram dalam sehari. Mengkonsumsi asam folat saat hamil akan mencegah kecacatan pada sistem saraf bayi (NTD). NTD tersebut akan mulai berkembang pada 28 hari pertama setelah pembuahan.

Asam folat untuk ibu hamil dapat ditemukan dari beberapa makanan seperti sereal gandum, sayuran hijau, buah jeruk dan kacang-kacangan. Selain dari makanan, asam folat untuk ibu hamil juga dapat ditemukan dari beberapa suplemen yang dijual bebas diapotek seperti, folavit, folamef, folarin, folaplus, folamil genio, folda dan masih banyak lagi merk lainya.

3. Zat Besi

Zat besi merupakan mineral yang dibuat di sumsum tulang belakang. Zat besi memiliki beberapa manfaat, Yaitu :

  • Berfungsi untuk membentuk eritrosit (sel darah merah)
  • Pengantar oksigen di dalam tubuh (dari paru-paru ke seluruh sel-sel dalam tubuh)
  • Zat besi dapat meningkatkan hormone
  • Zat besi dapat membantu membentuk plasenta
  • Zat besi juga dapat membentuk energi
  • Zat besi dapat mencegah bayi terkena anemi saat lahir
  • Zat besi juga dapat mencegah resiko bayi lahir prematur dan berat badan kurang

Zat besi sangat dibutuhkan saat hamil, karena sel darah merah saat hamil tidak seperti dalam keadaan normal. Jika ibu hamil tidak memiliki cukup zat besi, maka ibu hamil tersebut dapat mengalami beberapa masalah seperti anemia yang dapat menyebabkan mudah pusing, mudah lelah dan lemah.

Selain itu jika ibu hamil kekurangan zat besi bisa mengakibatkan bayinya lahir prematur dengan berat badan yang kurang dan bayi bisa mengalami anemia saat lahir. Reseiko tersebut banyak dialami oleh ibu hamil yang kurang memiliki zat besi.

Zat besi untuk ibu hamil dapat di temukan dalam beberapa makanan seperti daging merah, ikan, kuning telur, sayur-sayuran hijau atau gelap, buah kismis, kacang-kacangan seperti kacang kedelai dan kacang polong.

Selain dari makanan, zat besi untuk ibu hamil juga dapat ditemukan dalam bentuk suplemen, seperti calmin AF, folamil genio, ferofort, hemobion, sangobion dan masih banyak lagi. Suplemen-suplemen tersebut dapat anda beli di apotek-apotek terdekat.

4. Vitamin D

Vitamin D sangat bermanfaat untuk ibu hamil karena dapat menunjang kesehatan tulang dan gigi bayi yang masih dalam kandungan. Vitamin D sangat dibutuhkan ketika sedang hamil untuk membantu membentuk pertumbuhan tulang pada bayi. Jika ibu hamil kekurangan vitamin D dapat menyebabkan pertumbuhan tulang bayi tidak berjalan secara normal. Namun, jika saat kehamilan memiliki kadar vitamin D yang tinggi dapat menyebabkan anak anda akan mudah terkena alergi makanan selama dua tahun pertama.

Selain untuk pertumbuhan dan juga menjaga kesehatan tulang dan gigi, Vitamin D juga memiliki manfaat lain yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan sehari-hari. Diantaranya adalah :

  • Vitamin D dapat mencegah kanker (kanker usus besar, kanker payudara dan kanker prostat)
  • Vitamin D dapat mencegah resiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Jika vitamin D dikonsumsi sejak anak-anak dapat mencegah terkena penyakit diabetes tipe 1.
  • Vitamin D dapat mengurangi gejala depresi ringan

Makanan yang mengandung vitamin D untuk ibu hamil dapat ditemukan pada ikan makarel, ikan sardin, ikan salmon, ikan tuna, minyak ikan COD, hati sapi, telur, jamur, susu, daging dan masih banyak lagi.

Vitamin D untuk ibu hamil dalam bentuk suplemen dapat anda temukan dari beberapa merk seperti Nature’s Health Nano Calcium 600mg + Vitamin D 7, Now Vitamin D-3 2.000 IU Softgels, Enervita Vitamin A & D, Natures Plus Vitamin D3 400 IU Softgels, Cavit D3 dan masih banyak lagi.

4 Vitamin Terbaik Untuk Ibu Hamil Rekomendasi Pilihan Dokter
4 Vitamin Terbaik Untuk Ibu Hamil Rekomendasi Pilihan Dokter

Sebelum merencanakan kehamilan, sebaiknya anda konsultasikan dahulu dengan dokter kandungan supaya dokter dapat memilihkan makanan dan vitamin yang baik untuk anda. Jangan pernah membeli obat atau vitamin sembarangan tanpa pengawasan dari dokter kandungan. Jagalah selalu kesehatan anda dan juga janin anda dengan memakan makanan yang sehat dan didukung vitamin yang baik.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.