6 Cara Efektif untuk Mencegah Tertular Virus Corona

0
9
6 Cara Efektif untuk Mencegah Tertular Virus Corona
6 Cara Efektif untuk Mencegah Tertular Virus Corona

6 Cara Efektif untuk Mencegah Tertular Virus Corona – Virus corona telah menyerang jutaan orang di dunia dan menelan ratusan korban jiwa. Untuk mencegah tertularnya virus ini, ada beberapa langkah-langkah yang bisa digunakan.

Virus corona merupakan jenis virus baru dengan nama lain novel coronavirus 2019 (2019-nCoV). Virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China dan sekarang virus ini sudah menginfeksi beberapa negara lain termasuk negara Indonesia.

Proses penularan virus corona di perkirakan berasal dari hewan seperti kelelawar. Penularan dapat terjadi dari hewan ke manusia atau manusia ke manusia biasanya proses penularanya melalui percikan saat bersin atau batuk.

Ketika manusia tertular Virus corona biasanya akan memiliki gejala seperti demam yang tinggi, batuk, pilek, hingga sesak nafas akibat terjadinya infeksi pada paru-paru (pneumonia).

6 Cara Efektif untuk Mencegah Tertular Virus Corona

Ada 5 langkah agar tidak tertular oleh virus corona yang dapat di lakukan dengan mudah.

6 Cara Efektif untuk Mencegah Tertular Virus Corona
6 Cara Efektif untuk Mencegah Tertular Virus Corona
1. Selalu mencuci tangan dengan benar

Mencuci tangan merupakan langkah paling sederhana dan mudah untuk mencegah tertularnya virus corona. Cucilah tangan dengan sabun dan air yang mengalir selama 20 detik. Pastikan seluruh tangan sudah di cuci seperti sela-sela jari, kuku, punggung tangan, telapak tangan dan pergelangan tangan. Setelah selesai di cuci gunakan pengering tangan yang bersih seperti tisu, handuk atau dengan mesin pengering tangan.

2. Menggunakan Hand sanitizer

Apabila sering keluar rumah sebaiknya siapkan Hand sanitizer sebagai anti septik pengganti sabun dan air untuk membersihkan tangan. Gunakanlah hand sanitizer pada saat dibutuhkan saja karena jika terlalu sering menggunakan hand sanitizer dapat membuat kulit kering.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh merupakan pertahanan yang wajib untuk selalu di jaga agar dapat mencegah munculnya berbagai penyakit seperti tertularnya virus corona. Untuk meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh sebaiknya konsumsi minuman dan makanan yang sehat seperti buah-buahan, ikan, daging yang di masak dengan matang. Selain itu istirahatlah dengan teratur, menjaga kebersihan lingkungan, pakaian dan jika di butuhkan minumlah Vitamin secara teratur setiap hari.


Baca Juga :

4. Isolasi Mandiri

Apabila merasa menunjukan gejala-gejala ringan seperti demam yang tinggi, flu, pilek dan batuk atau telah melakukan perjalanan ke luar kota atau ke kota yang sudah terinfeksi virus corona sebaiknya untuk isolasi mandiri di rumah selama kurang lebih 14 hari. Isolasi mandiri sangat di sarankan bagi yang mudah tertular virus corona seperti orang tua, anak-anak atau orang yang mempunyai riwayat penyakit jantung, gula darah dan hipertensi.

5. Menggunakan Masker

Masker merupakan pelindung untuk mencegah tertularnya virus yang di dapatkan dari percikan air pada saat bersin, batuk atau pada saat berbicara. Masker yang di rekomendasikan adalah masker N95 atau masker medis. Namun, saat ini WHO sudah mengeluarkan peraturan bahwa masker kain juga dapat melindungi tertular virus corona walaupun tidak sebaik masker bedah atau masker N95.

6. Menjaga kebersihan rumah

Cara lain untuk mencegah tertularnya virus corona adalah selalu menjaga kebersihan rumah dan lingkunganya. Bersihkanlah rumah dan lingkungan rumah secara rutin dengan menggunakan desinfektan. Bersihkanlah area yang sering terjadi kontak langsung seperti pintu, kursi, kasur, toilet, meja, handphone dll. Virus corona biasanya dapat bertahan lama di tempat yang pernah tersentuh selama berjam-jam bahkan bisa sampai berhari-hari. Jadi pastikan seluruh rumah dan lingkunganya untuk selalu di jaga kebersihanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.