Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan BPJS Kesehatan

0
1039
Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan BPJS Kesehatan
Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan BPJS Kesehatan

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan BPJS Kesehatan – Program BPJS Kesehatan merupakan program yang secara resmi di luncurkan oleh pemerintah indonesia pada tanggal 1 Januari tahun 2014. Program BPJS Kesehatan ini telah berhasil menjadi solusi alternatif bagi masyarakat untuk berobat dengan biaya yang terjangkau atau murah.

Pada tahun 2018 program BPJS Kesehatan menjadi semakin banyak diminati. Masyarakat yang sebelumnya tidak mendaftar, kini mereka berusaha untuk bergabung dengan program BPJS Kesehatan ini.

Alasan kenapa masyarakat semakin menyukai program BPJS Kesehatan adalah karena kelebihanya. BPJS Kesehatan mempunyai banyak kelebihan yang dapat membantu meringankan biaya pengobatan untuk masyarakat.


Baca Juga :


Tapi, di balik kelebihan program BPJS Kesehatan ini terdapat pula kekuranganya. Untuk itu sebelum anda mendaftar BPJS Kesehatan sebaiknya anda ketahui dulu apa saja kelebihan dan kekurangan BPJS Kesehatan ini.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan BPJS Kesehatan

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan BPJS Kesehatan
Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan BPJS Kesehatan
Kelebihan BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan mempunyai banyak kelebihan yang dapat membantu masyarakat meringankan biaya pengobatan. Beberapa kelebihanya adalah :

1. BPJS Kesehatan Tidak Memerlukan Medical Check Up

Kelebihan pertama dari BPJS Kesehatan ini yaitu tidak memerlukan medical check up. Setiap warga negara indonesia mulai dari bayi yang masih dalam kandungan hingga lansia dapat mengikutinya tanpa harus medical check up terlebih dahulu.

Berbeda jika anda mengikuti asuransi kesehatan swasta anda akan di mintai untuk medical check up terlebih dahulu sebelum mendaftar. Jika umur anda diatas 40 atau anda mempunyai penyakit yang kritis maka premi anda akan menjadi semakin mahal.

2. Biaya Iuran Bulanan yang Murah

Kelebihan kedua dari layanan BPJS Kesehatan ini yaitu biaya iuran bulanan yang murah. Walaupun biaya iuran bulanan BPJS Kesehatan ini sangat murah, namun pelayanan untuk kesehatanya sangat bagus.

Biaya iuran bulanan untuk BPJS Kesehatan ini di bagi 3 kelas. Yaitu kelas 1, kelas 2 dan kelas 3. Biaya iuran bulanan untuk kelas 1 yaitu sebesar Rp59.000. Untuk kelas 2 biaya iuran bulananya sebesar Rp49.500. Dan untuk kelas 3 biaya iuran bulananya sebesar Rp25.000. Dari ketiga kelas ini anda sudah berhak mendapatkan fasilitas Pemeriksaan, Pembedahan, Pengobatan dan biaya Rawat inap yang di dapatkan secara gratis.

3. BPJS Kesehatan Bersifat Wajib

Kelebihan ketiga dari BPJS Kesehatan ini yaitu bersifat wajib. Artinya semua masyarakat indonesia wajib mengikuti program BPJS Kesehatan. Kewajiban mengikuti program BPJS Kesehatan ini telah diatur dalam undang-undang dan peraturan pemerintah tentang kewajiban.

4. Jaminan Perlindungan Seumur Hidup

Tidak seperti Asuransi kesehatan swasta yang hanya dapat melindungi pesertanya hingga umur tertentu, BPJS Kesehatan dapat melindungi pesertanya hingga seumur hidup. Kelebihan dari BPJS Kesehatan ini sangat membantu masyarakat untuk tetap bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang murah dan gratis seumur hidup.


Baca Juga :


Kekurangan BPJS Kesehatan

Setelah kita mengetahui apa saja dari kelebihan BPJS Kesehatan, selanjutnya kita akan membahas tentang kekurangan dari BPJS Kesehatan. Apa saja kekurangan dari BPJS Kesehatan? Berikut ini beberapa kekuranganya.

1. BPJS Kesehatan Hanya Bisa di Indonesia

Kekurangan dari BPJS Kesehatan yaitu hanya bisa melindungi pesertanya di wilayah indonesia saja. Jadi jika anda ingin berobat ke luar negeri anda tidak bisa menggunakan BPJS Kesehatan. Tapi untuk mengatasi masalah ini anda bisa menggunakan Asuransi swasta. Asuransi swasta dapat melindungi pesertanya hingga di seluruh dunia.

2. Metode Pemeriksaan Bertahap

Kekurangan dari BPJS Kesehatan ini yaitu adanya metode pemeriksaan secara bertahap. Metode ini artinya jika menurut BPJS penyakit anda hanya perlu dilakukan pemeriksaan di Faskes 1. Artinya hanya perlu di lakukan pemeriksaan di Klinik atau Puskesmas. Namun, jika Klinik atau Puskesmas tidak bisa menangani penyakit anda, maka anda akan di rujuk ke Rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

 

Demikianlah pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan BPJS Kesehatan. Semoga dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan BPJS Kesehatan ini anda dapat memilih Asuransi kesehatan yang tepat untuk melindungi keluarga anda.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.