Beberapa Istilah Dalam Dunia Perbankan Yang Harus di Ketahui

0
257
Beberapa Istilah Dalam Dunia Perbankan Yang Harus di Ketahui

Beberapa istilah dalam dunia perbankan yang harus di Ketahui di bawah ini mungkin sudah tidak asing lagi dalam keseharian anda, apalagi jika anda bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang perbankan pasti anda selalu mendengar istilah-istilah seperti ini.

Dalam artikel ini saya akan membagikan beberapa istilah yang mungkin wajib untuk anda ketahui supaya anda tidak kesulitan jika pergi ke bank dan untuk menambah pengetahuan anda juga. ada beberapa istilah yang sering di gunakan dalam dunia perbankan, diantaranya yaitu :

Beberapa Istilah Dalam Dunia Perbankan Yang Harus di Ketahui

Beberapa Istilah Dalam Dunia Perbankan Yang Harus di Ketahui

1. Angsuran

Istilah ini mungkin sering anda dengar jika anda membeli sebuah barang dengan cara kredit. angsuran itu berarti sistem pembayaran denganĀ  cara cicilan termasuk angsuran poko yang harus anda bayar beserta bunganya dalam waktu yang telah di tentukan.

2. Angsuran di bayar di muka

Istilah angsuran di bayar di muka atau di kenal juga dengan kata advance ini artinya angsuran di bayarkan bersamaan dengan uang muka. jadi cicilan kredit anda akan berkurang satu bulan atau lebih.

3. Agunan

Istilah agunan artinya sebuah jaminan yang diberikan kepada bank ataupun nasabah debitur dalam rangka memberikan fasilitas pembiayaan ataupun kredit.

4. Akad Kredit

Istilah akad kredit artinya kontrak atau perjanjian kredit antara debitur dengan kreditur

5. APR

APR atau annual percentage rate artinya suku bunga pinjaman pertahun

Baca Juga : Sekarang Lulusan SMA atau SMK Juga Bisa Menjadi PNS

 

6. ARO Plus

ARO Plus artinya perpanjangan sistem deposito secara otomatis dengan pembayaran bunga yang di akumulasikan dengan pokok depositonya setelah jatuh tempo

7. Autodebet

Autodebet adalah jenis pembayaran elektronik yang dilakukan langsung oleh rekening bank anda. autodebet ini biasanya akan melakukan transaksi secara otomatis pada waktu yang telah anda tentukan.

8. ATM

ATM atau anjungan tunai mandiri adalah sebuah mesin yang melayani nasabahnya untuk pembayaran,penarikan dan transfer tanpa harus melalui bank.

9. Aset

Aset artinya Harta atau barang yang paling berharga yang anda miliki, contohnya rumah anda, tanah atau mobil. aset ini adalah milik pribadi bukan milik orang lain atau titipan dari orang lain.

10. Biaya Provisi

Biaya Provisi ini akan di minta jika pinjaman anda pada sebuah bank telah di approved. misalnya peminjaman uang.

11. Bilyet Deposito

Bilyet deposito adalah bukti kepemilikan anda dalam simpanan yang berbentuk deposito berjangka yang di berikan oleh bank.

12. Bunga

Bunga adalah biaya tambahan yang di berikan bank kepada anda. misalnya anda melakukan pembayaran secara kredit. maka secara otomatis anda akan di berikan bunga atas pembayaran kredit anda.

13. Cek

Cek adalah sebuah dokumen tertulis yang mengizinkan sebuah bank untuk mengeluarkan uang dari rekening nasabah yang membuat cek tersebut

14. Debit

Debit adalah biaya tagihan yang di potong langsung dari rekening nasabah

15. Debitur

Debitur adalah orang yang berhutang kepada orang lain atau kreditur yang di janjikan akan di bayar pada waktu yang telah di tentukan

16. Deposito

Deposito adalah sebuah jasa tabungan yang yang dapat menyimpan harta nasabah dalam bentuk tertentu

17. Giro

Giro adalah surat perintah pembayaran yang hampir sama dengan cek. namun giro menggunakan sistem memindahbukukan total uang dari rekening pembuat kepada rekening yang tertulis.

18. Joint Account

Joint account adalah rekening yang dapat dimiliki dua orang atau lebih

19. Kartu Debit

Kartu debit adalah suatu pembayaran secara elektronik sebagai pengganti pembayaran cash yang telah di terbitkan oleh bank-bank tertentu

20. Karut Kredit

Kartu kredit adalah kartu yang dapat melakukan pembayaran secara kredit. untuk pembayaran kartu kredit ini dapat anda lakukan setiap bulan dengan cara cicilan dan dengan bunga yang telah di tetapkan. kartu kredit ini memudahkan anda melakukan pembayaran tanpa harus membayar penuh dan mengubah pembayaran anda menjadi cicilan.

21. Kreditur

Kreditur adalah orang atau suatu perusahaan yang memberikan pinjaman dana kepada pihak yang membutuhkan

22. Rekening

Rekening adalah simpanan yang di simpan pada suatu perusahaan yang menerima penyimpanan tersebut, misalnya sejumlah uang yang di simpan pada suatu bank.

23. Saldo

Saldo adalah jumlah uang yang ada pada rekening atau yang lainya

24. SIUP

SIUP adalh surat izin usaha perdagangan. SIUP ini di butuhkan jika anda ingin melakukan perdangan online ataupun bukan online

25. Uang Muka

Uang muka adalah uang yang dibayarkan setengahnya dari harga yang di tentukan sebagai bukti tanda jadi pembelian

 

Itulah beberapa istilah dalam dunia Bank yang saya ketahui. mohon maaf jika masih ada kekurangan, silahkan anda dapat menambahkan beberapa yang kurang dari artikel tersebut pada kolom komentar yang sudah saya sediakan. terimakasih semoga bermanfaat!.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here