Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Online dan Offline untuk TKI

0
112
Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Online dan Offline untuk TKI
Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Online dan Offline untuk TKI

Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Online dan Offline untuk TKI – Sebagai warga negara indonesia yang bekerja di luar negeri wajib membuat BPJS Ketenagakerjaan khusus TKI (Tenaga kerja indonesia) untuk mendapatkan perlindungan kerja.

BPJS Ketenagakerjaan khusus TKI ini mulai diresmikan pada tanggal 01 agustus 2017. Pihak BPJS mulai melindungi seluruh warga negara indonesia yang bekerja di luar negeri dengan hanya membayar biaya iuran sebesar Rp.370.000. Biaya tersebut sudah termasuk jaminan kecelakaan kerja(JKK), jaminan hari tua (JHT) dan jaminan kematian (JKM).

Untuk itu jika anda seorang TKI (tenaga kerja indonesia) segeralah mendaftar BPJS Ketenagakerjaan supaya anda dapat perlindungan dalam bekerja. Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan untuk TKI bisa dilakukan secara online ataupun offline dengan mengunjungi langsung kantor penyedia pendaftaran BPJSTK untuk TKI terdekat di lokasi anda.


Baca Juga :


Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Online dan Offline untuk TKI

Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Online dan Offline untuk TKI
Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Online dan Offline untuk TKI

Cara Daftar BPJSTK Khusus TKI Secara Online

Pendaftaran BPJSTK secara online tidak menghabiskan tenaga dan tidak memerlukan biaya yang banyak, anda hanya membutuhkan koneksi internet supaya dapat mengakses website BPJSTK. Berikut cara pendaftaranya :

  • Silahkan kunjungi situs websitenya disini https://bpjsketenagakerjaan.go.id/migran
  • Kemudian pilih dinegara mana anda bekerja, lalu klik lanjutkan untuk masuk ke halaman selanjutnya
  • Pada bagian Verifikasi identitas, silahkan isi nomor induk kependudukan (NIK), nama lengkap sesuai KTP dan tanggal lahir sesuai KTP.
  • Selanjutnya anda masuk pada halaman Upload document. Pada halaman tersebut silahkan upload document anda sesuai yang diminta.
  • Setelah itu anda masuk pada bagian Pengisian Form. Isi form tersebut sesuai dengan data yang anda miliki.
  • Selanjutnya anda masuk pada halaman Pilihan Program
  • Terakhir, anda masuk pada tahap pembayaran. Di tahap ini silahkan lakukan pembayaran sesuai yang tercantum pada form pembayaran.
  • Jika anda masih kurang mengerti. Anda bisa meminta bantuan langsung dari admin di website tersebut dengan menekan tombol butuh bantuan? kirim pesan kepada kami

Cara Daftar BPJSTK Khusus TKI Secara Offline

Jika anda tidak memiliki koneksi internet, anda bisa melakukan pendaftaran dengan mengunjungi langsung tempatnya. Silahkan baca caranya dibawah ini :

  • Silahkan kunjungi kantor yang menyediakan pendaftaran BPJSTK khusus TKI, seperti Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI), Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (P4TKI), Kantor Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS) dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI)
  • Selanjutnya lakukan pendaftaran. Kemudian anda akan diminta untuk perekaman data di Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri.
  • Setelah proses perekaman data selesai, petugas akan memberitahukan biaya yang harus anda bayar. Pembayaran bisa dilakukan dengan cara transfer melalui bank, ATM atau M-banking.
  • Jika pembayaran sudah selesai, selanjutnya silahkan kunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat di kota anda untuk mencetak kartu peserta BPJSTK.
  • Selanjutnya, pihak BPJSTK akan mengirim kartu peserta anda ke kantor dimana anda melakukan pendaftaran. Kartu peserta yang sudah jadi dapat diambil di kantor dimana anda melakukan pendaftaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.