Cara Membayar Pajak STNK Motor di e-Samsat Online 2018

0
8225
Cara Membayar Pajak STNK Motor di e-Samsat Online 2018
Cara Membayar Pajak STNK Motor di e-Samsat Online 2018

Cara Membayar Pajak STNK Motor di e-Samsat Online 2018 – e-Samsat merupakan program baru dari samsat untuk memudahkan masyarakat dalam membayar pajak STNK kendaraanya secara online tanpa harus mendatangi dan mengantri di kantor samsat.

e-Samsat/Samsat online adalah program yang sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak. Terutama untuk yang wajib pajak bisa dengan mudah membayar pajak dimana saja selama dalam 1 provinsi. Sedangkan untuk Samsat, manfaat e-samsat ini sangat membantu dalam mengatur data untuk terus terupdate.


Baca Juga :


Beberapa provinsi di indonesia sudah menggunakan program e-samsat. diantaranya adalah provinsi Jawa barat, Jawa timur, Jawa tengah, Nangroe aceh darusalam dan DKI Jakarta. Selain provinsi yang sudah disebutkan, provinsi lainya belum menerima pembayaran pajak STNK di e-samsat.

Bagi anda yang tinggal di tempat yang tidak sesuain denga KTP. Anda tetap bisa membayar pajak STNK motor secara online. Program ini di sebut dengan program e-samsat per wilayah. Saat ini program e-samsat per wilayah hanya bisa dilakukan di beberapa wilayah. Diantaranya adalah :

  • Masyarakat yang mempunyai KTP dari wilayah DKI Jakarta (Jakarta pusat, Jakarta barat, Jakarta timur, Jakarta selatan dan Jakarta utara) dapat membayar pajak STNK motor secara online di wilayah samsat Cinere, BSD dan Cikokol.
  • Untuk masyarakat yang mempunyai KTP dari wilayah Jawa barat seperti Bekasi, Cinere, Cikarang dan Depok dapat membayar pajak STNK motor secara online di wilayah Samsat Cikokol, Jakarta selatan dan samsat BSD.
  • Sedangkan untuk masyarakat yang mempunyai KTP dari wilayah Banten seperti Ciledug, Balaraja, BSD, Cikokol dan Ciputat dapat membayar pajak STNK secara online di wilayah samsat Cinere dan samsat Jakarta selatan.

Cara Membayar Pajak STNK Motor di e-Samsat Online 2018

Cara Membayar Pajak STNK Motor di e-Samsat Online 2018
Cara Membayar Pajak STNK Motor di e-Samsat Online 2018

Ada beberapa tahapan yan harus dilakukan untuk membayar pajak STNK motor di e-samsat secara online. Berikut tahapan-tahapan pembayaranya.

1. Kunjungi situs e-Samsat

Buka situs e-samsat yang sesuai dengan wilayah provinsi anda berasal. Jika anda mempunyai motor berpelat nomor tasikmalaya, namun anda tinggal di jakarta anda tidak bisa melakukan pembayaran di situs e-samsat wilayah DKI Jakarta.

2. Isi data kendaraan dengan lengkap dan benar

Tahap kedua jika anda sudah mengakses situs e-samsat, selanjutnya adalah mengisi data kendaraan anda. data yang harus anda isi meliputi :

  • Masukan nomor pelat nomor kendaraan anda
  • Pilih kota yang sesuai dengan pelat nomor kendaraan anda. misalnya pelat nomor kendaraan anda berasal dari tasikmalaya, maka pilihlah tasikmalaya.
  • Kemudian pilih samsat yang pertama kali mengurus data kendaraan anda

Setelah semua data di isi, selanjutnya klik Cari untuk menyesuaikan data yang anda kirim dengan data yang ada di samsat. Jika data anda cocok dengan data yang ada di samsat, selanjutnya anda akan dibawa ke halaman informasi kendaraan anda yang meliputi biaya pajak yang harus dibayar dan biaya denda jika ada. Setelah semua data di isi dengan lengkap selanjutnya klik pada kalimat “Apakah Anda ingin melakukan pembayaran?”.

3. Mengisi form pengambilan nota pajak

Tahap ini berfungsi untuk pengambilan nota pajak di kantor samsat. Jadi sebelum anda melakukan pembayaran, anda akan diarahkan pada form tersebut untuk menentukan di samsat mana anda akan mengambil nota pajak. Untuk pengisian form ini silahkan isi beberapa data yang diminta. Antara lain adalah :

  • Tentukan kota tempat kantor samsat berada untuk pengambilan nota pajak
  • Pilih kantor samsat yang dekat dengan tempat tinggal anda
  • Pilih bank mana yang ingin anda gunakan untuk pemabayaran pajak STNK kendaraan anda
  • Pilih layanan pembayaran yang ingin anda gunakan seperti mobile banking atau dari mesin ATM.
  • Kemudian klik pengajuan kode bayar, lalu Print untuk mendapatkan kode bayar. Kode  bayar adalah kode unik yang berfungsi sebagai identitas pembayaran pajak anda. Jadi pembayaran pajak anda tidak akan tertukar/tercampur dengan orang lain.

4. Tahap pembayaran pajak STNK motor

Setelah membuat form pengambilan nota pajak dan mendapatkan kode bayar. selanjutnya anda proses pembayaran anda sesuai dengan yang diminta. Proses pembayaran bisa anda lakukan sesua dengan point nomor 4 diatas. Jika anda memilih pembayaran dari M-banking maka pilih M-banking.

Cara pembayaran pajak STNK bermotor online menggunakan M-banking atau ATM

Cara Membayar Pajak STNK Motor di e-Samsat Online 2018
Cara Membayar Pajak STNK Motor di e-Samsat Online 2018
  • Pilih menu BAYAR
  • Pilih Multi Payment
  • Kemudian pilih kantor samsat yang sudah anda tentukan sebelumnya
  • Masukan Kode Pembayaran yang sudah anda dapatkan tadi
  • Masukan jumlah uang yang harus dibayarkan
  • Setelah itu print bukti pembayaran anda untuk dibawa ke kantor samsat sebagai bukti bahwa anda sudah membayar pajak.

Jika proses pembayaran sudah selesai, maka selanjutnya anda langsung mendatangi kantor samsat. Jika dalam batas waktu 7 hari setelah pembayaran anda tidak datang maka anda tidak bisa mengambil nota pajak. Jangan lupa jika anda ingin mengambil nota pajak bawa semua data yang diperlukan seperti bukti pembayaran, KTP dan STNK.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.