Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Gondongan Pada Anak

1
111
Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Gondongan Pada Anak
Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Gondongan Pada Anak

Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Gondongan Pada Anak – Penyakit gondongan merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus jenis paramyxovirus. Penyakit gondongan ini umumnya sering terjadi pada anak-anak dengan ciri-ciri adanya pembengkakan pada kelenjar parotis yaitu pembengkakan disisi wajah.

Apa itu kelenjar parotis? kelenjar parotis adalah suatu kelenjar yang terletak dibawah lidah yang dapat memproduksi air liur. Jika seorang yang terkena penyakit gondongan maka sisi wajahnya akan terlihat membengkak.

Virus yang menyebabkan terjadinya penyakit gondongan dapat menularkan penyakitnya melalui ludah. Penyakit ini akan menular ketika seorang penderita sedang bersin-bersin atau batuk. Jika orang lain terkena percikan ludah dari si penderita maka dia juga akan tertular penyakit gondongan.


Baca Juga :


Penyakit gondongan akan menyebar dalam tubuh selama beberapa hari. Untuk itu jika anda sudah mengetahui akan tertular penyakit gondongan segeralah melakukan imunisasi, terutama anak-anak yang sudah berusia diatas 1 tahun sangat mudah tertular.

Untuk mencegah terjadinya penyakit gondongan, hindari kontak langsung dengan orang yang memiliki riwayat penyakit gondongan seperti makan bareng, minum bareng atau berbagi hal lain yang dapat menyebabkan terjadinya penularan.

Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Gondongan Pada Anak

Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Gondongan Pada Anak
Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Gondongan Pada Anak

Cara Mencegah Penyakit Gondongan

Untuk mencegah tertularnya penyakit gondongan pada anak-anak, sebaiknya berikan anak anda imunisasi MMR. Pemberian imunisasi vaksin dilakukan ketika anak anda masih berusia 1 tahun, kemudian pemberian vaksin diulangi lagi ketika anak anda sudah berusia 5 tahun.

Jika orang yang tidak diberikan vaksin saat kecil, maka hindarilah kontak langsung dengan orang lain dengan cara tidak berbagi makanan bareng, minum bareng, peralatan mandi dan menghindari batuk dan bersin orang lain. Gunakanlah masker jika sedang pergi keluar dan jagalah selalu kebersihan tangan anda.

Cara Mengobati Penyakit Gondongan

Pengobatan untuk penyakit gondongan sebenarnya belum ada, namun anda bisa melakukan penyembuhan penyakit gondogan dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu untuk mengobati penyakit gondongan dapat dilakukan dengan cara banyak meminum air putih dan menghindari minuman yang mengandung asam. Minuman yang mengandung asam dapat meningkatkan produksi kelenjar parotis sehingga menyebabkan terjadinya pembengkakan yang lebih besar.

Untuk menghilangkan rasa nyeri pada penyakit gondongan adalah dengan cara mengompres pada daerah yang bengkak menggunakan air hangat, kemudian konsumsilah makanan-makanan yang lunak supaya tidak terasa sakit. Jika rasa sakit masih terjadi anda bisa minum obat penahan nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen. Selain berfungsi untuk demam, kedua obat tersebut juga dapat menghilangkan rasa nyeri.

Gejala yang di Rasakan Jika Terinfeksi Penyakit Gondongan

Seperti yang sudah disebutkan diatas, virus penyakit gondongan akan mulai menyebar ke seluruh tubuh setelah beberapa hari yaitu sekitar 14-25 hari setelah terjadinya penularan yang menyebabkan pembengkakan disisi wajah. Selain itu gejala lain yang akan dirasakan jika terinfeksi penyakit gondongan adalah lelah, nyeri sendi, sakit kepala, demam tinggi, sakit saat mengunyah makanan, sakit perut, mulut kering dan hilangnya nafsu makan.

Jika gejala-gejala diatas sudah anda rasakan sebaiknya anda periksakan diri anda ke dokter supaya dokter dapat memastikan bahwa anda terinfeksi penyakit gondongan atau tidak. Jika memang terinfeksi maka dokter akan memberikan beberapa obat yang sesuai dengan kebutuhan.

Loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.