Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Setiap Bank

1
226
Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Setiap Bank
Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Setiap Bank

Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Setiap Bank – Kartu kredit merupakan alat transaksi pembayaran pengganti uang tunai yang mempunyai jenis pembayaran cicilan. Kartu kredit dapat memudahkan anda untuk belanja barang yang anda inginkan tanpa harus menabung.

Saat ini pengguna kartu kredit semakin banyak dan kejahatan terhadap kartu kredit juga semakin marak terjadi. Kejahatan kartu kredit bisa disebabkan karena PIN kartu kredit diketahui orang lain atau kartu kredit digunakan orang lain dengan hanya memverifikasi transaksi menggunakan tanda tangan.

Kelebihan kartu kredit dalam bertransaksi memang cukup mudah. Jika anda lupa password atau PIN kartu kredit, anda cukup menggunakan tanda tangan untuk memverifikasi transaksi. Tetapi kelebihan ini menjadi kekurangan kartu kredit yang rawan di manfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.


Artikel Lainya :


Sebelumnya kartu kredit tidak menggunakan PIN dan hanya menggunakan tanda tangan untuk verifikasi transaksi. Setelah adanya gerakan sosialisai pemerintah dan pihak bank penerbit akhirnya kartu  kredit mempunyai fitur PIN untuk verifikasi transaksi. Namun sayangnya masih ada fitur tanda tangan dalam kartu kredit.

Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Setiap Bank

Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Setiap Bank
Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Setiap Bank

Bagaimana mengatur ulang PIN kartu kredit? PIN kartu kredit dapat direset dan dirubah dengan PIN baru jika anda lupa. Anda hanya perlu menginformasikan beberapa data anda yang sesuai dengan data di kartu kredit supaya bank dapat merubah PIN anda.

Lupa PIN Kartu Kredit BCA

Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Setiap Bank
Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Setiap Bank

Untuk mengatur ulang PIN/sandi kartu kredit BCA yang lupa, anda bisa melakukanya melalui Mobile Banking BCA, website resmi BCA dan kantor cabang BCA.

Mengatur ulang PIN Kartu Kredit BCA Melalui m-Banking BCA

Sebelum menggunakan aplikasi m-BCA silahkan daftarkan terlebih dahulu nomor telpon anda di ATM BCA terdekat.

  • Silahkan download aplikasinya di playstore atau appstore
  • Kemudian buka aplikasi m-BCA dan masukan 6 digit PIN yang anda buat saat pendaftaran mobile banking BCA di ATM
  • Setelah itu masuklah pada menu m-admin
  • Pada kategori kartu kredit, silahkan pilih buat atau ubah PIN
  • Kemudian masukan jenis kartu kredit dan nomor kartu kredit
  • Selanjtunya buat PIN kartu kredit baru. Kemudian ulangi kembali PIN kartu kredit baru
  • Jika semua data lengkap dan sesuai, silahkan klik Send
  • Terakhir silahkan setujui klausa yang dikirim m-banking BCA untuk mengklarifikasi ulang perubahan PIN kartu kredit anda dengan menggunakan 6 digit kode akses pada saat login aplikasi

Mengatur ulang PIN Kartu Kredit BCA Melalui ATM BCA

Sebelum melakukan aktivasi PIN baru di ATM BCA, silahkan dapatkan terlebih dahulu kode otentikasi untuk proses verifikasi data dengan cara mengirimkan sms dengan format SMS sebagai berikut : SMS<spasi>REQ<spasi>KODE<spasi>OTENTIFIKASI#masukan 16 digit nomor kartu kredit. Lalu kirim ke nomor 69888.

  • Setelah mendapatkan kode otentikasi, silahkan datangi dan masukan Kartu Kredit anda ke ATM
  • Kemduian pilih menu aktivasi dan masukan 6 digit nomor yang anda dapatkan dari SMS
  • Selanjutnya masukan PIN baru dan ulangi lagi sekali lagi untuk verifikasi perubahan PIN
  • Silahkan tunggu proses perubahan PIN kartu kredit anda hingga berhasil. Proses perubahan PIN yang berhasil akan dikirim melalui SMS atau langsung muncul pada layar ATM
  • Proses perubahan PIN kartu kredit BCA selesai. Silahkan keluarkan kartu kredit anda dari mesin ATM

Lupa PIN Kartu Kredit Mandiri

Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Setiap Bank
Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Setiap Bank

Jika anda lupa PIN kartu kredit mandiri, anda bisa membuat PIN baru dengan cara mengirimkan SMS. Cara ini terbagi 2 yaitu untuk pengguna kartu kredit yang tidak mendaftarkan emailnya di bank dan untuk pengguna kartu kredit yang mendaftarkan emailnya di bank.

Membuat PIN Kartu Kredit Mandiri Baru Untuk yang Tidak Mempunyai Email

Cara pertama adalah membuat PIN baru kartu kredit mandiri untuk yang tidak mempunyai email atau emailnya tidak di daftarkan di bank pada saat pembuatan kartu kredit. Berikut langkah-langkah pembuatan PIN baru kartu kredit mandiri.

Sebelum mengganti PIN kartu kredit, Silahkan kirimkan SMS untuk mendapatkan kode OTP yang akan digunakan pada saat pembuatan PIN baru di ATM. Kirimkan SMS dengan format sebagai berikut :

Ketik otpcc (spasi) Masukan 16 digit nomor kartu kredit anda. Kemudian kirimkan ke nomor 3355

Setelah mengirimkan SMS dan mendapatkan kode OTP dari SMS, selanjutnya silahkan pergi ke ATM terdekat di tempat anda. Kemudian masukan kode OTP yang anda dapatkan dari SMS, setelah itu silahkan Buat PIN baru, kemudian akan diminta untuk memasukan PIN dan lama dan kode OTP lagi. Terakhir konfirmasi PIN baru kartu kredit anda.

Lupa PIN Kartu Kredit BRI

Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Setiap Bank
Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Setiap Bank

Untuk nasabah Bank BRI yang lupa PIN kartu kredit dan ingin mendapatkan PIN baru kartu kredit BRI, silahkan hubungi Call Center BRI di nomor 14017 atau 021-500017. Setelah itu pihak operator BRI akan menanyakan nomor kartu kredit dan beberapa identitas anda yang sesuai dengan data yang ada pada kartu kredit.

Setelah verifikasi data selesai, pihak call center bank BRI (bank rakyat indonesia) akan mengirimkan PIN baru melalui email yang sudah terdaftar di bank BRI. Jika sudah mendapatkan PIN baru, silahkan ubah PIN tersebut dengan PIN baru yang anda inginkan di ATM BRI terdekat.

Lupa PIN Kartu Kredit CIMB Niaga

Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Setiap Bank
Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Setiap Bank

Jika anda lupa PIN kartu kredit CIMB Niaga, silahkan kirimkan SMS ke nomor 1418 dengan format SMS sebagai berikut :

PIN (spasi) 4 digit nomor kartu kredit (spasi) tanggal lahir (DDMMYYYY)

Setelah mengirimkan SMS, anda akan mendapatkan balasan SMS dari CIMB Niaga yang berisi PIN Kartu kredit anda. Silahkan ubah PIN kartu kredit yang anda dapatkan melalui SMS di ATM CIMB Niaga terdekat.

Lupa PIN Kartu Kredit Citibank

Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Setiap Bank
Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Setiap Bank

Untuk pengguna kartu kredit citibank yang lupa dengan PIN kartu kreditnya, kini anda bisa membuatnya melalui layanan citibank online. Sebelum mengakses situs Citibank Online, silahkan hubungi terlebih dahulu layanan Citiphone Banking di nomor 69999 untuk mendapatkan kode OTP. Kode OTP ini akan digunakan pada saat pembuatan PIN baru. Selanjutnya ikuti langkah-langkah pembuatan PIN kartu kredit baru Citibank dibawah ini.

  • Silahkan masuk ke website Citibank Online
  • Kemudian masukan User ID dan Password anda
  • Pilih Menu Layanan → Profil saya → dan Pilih menu Ubah PIN Kartu Kredit
  • Masukan kode OTP (one time PIN) yang dikirimkan melalui SMS ke nomor anda yang terdaftar di Citibank
  • Setelah itu pilih nomor kartu kredit yang ingin di buatkan PIN baru
  • Buat PIN baru dan masukan kembali PIN baru untuk verifikasi, lalu Klik Ubah PIN
  • Setelah selesai mengubah PIN kartu kredit, anda akan menerima pesan verifikasi melalui email atau SMS dari Citibank

Lupa PIN Kartu Kredit BNI

Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Setiap Bank
Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Setiap Bank

Sama seperti bank lainya jika anda lupa dengan PIN kartu kredit BNI, anda bisa membuat PIN yang baru melalui SMS. Cara pembuatanya sebagai berikut :

Untuk Kartu Kredit BNI Utama

Untuk mengubah atau membuat PIN baru kartu kredit BNI Utama yang lupa, Silahkan kirimkan SMS ke nomor 3346, dengan format SMS :

RPIN[spasi]16 digit Nomor Kartu Kredit Utama[spasi]tanggal lahir Pemegang Kartu Utama(ddmmyyyy)

Untuk Kartu Kredit BNI Tambahan

Sama seperti kartu kredit utama, perubahan atau pembuatan PIN kartu kredit Tambahan yang lupa bisa dilakukan melalui SMS dengan format :

RPIN[spasi]16 digit Nomor Kartu Kredit Tambahan[spasi]tanggal lahir Pemegang Kartu Utama(ddmmyyyy) kemudian kirim ke nomor 3346

Setelah mengirimkan SMS permintaan pembuatan atau perubahan PIN kartu kredit, anda akan mendapatkan balasan SMS yang berisi PIN kartu kredit baru. Silahkan segera ubah PIN kartu kredit tersebut di ATM BNI terdekat.

Jika anda tidak bisa membuat permintaan perubahan PIN kartu kredit melalui SMS, anda bisa menghubungi BNI Call di nomor 1500046 atau 68888. Namun jika anda menghubungi BNI Call sebaiknya siapkan beberapa data yang akan diminta untuk verifikasi data.

 

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.