Cara Mengetahui Status NIK di e-KTP Sudah Online

0
4045
Cara Mengetahui Status NIK di e-KTP Sudah Online
Cara Mengetahui Status NIK di e-KTP Sudah Online

Cara Mengetahui Status NIK di e-KTP Sudah Online – Cek status NIK (nomor induk kependudukan) e-KTP online sangat berguna untuk melihat apakah data NIK anda sudah terdaftar dalam data kependudukan nasional dengan benar. Jika terdapat data yang salah, anda bisa segera melakukan perbaikan pada data e-KTP anda.

Apa itu e-KTP? e-KTP merupakan sebuah kartu identitas elektronik yang memberikan informasi data kependudukan anda di indonesia. e-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik) adalah sebuah kartu identitas baru yang dikeluarkan oleh pemerintah indonesia yang memiliki data informasi yang lebih akurat, tertib administrasi dan juga aman.

Setiap warga negara indonesia hanya boleh mempunyai 1 e-KTP. Apabila anda masih mempunyai KTP lama, maka KTP tersebut tidak akan bisa digunakan lagi untuk beberapa keperluan lainya seperti mendaftar BPJS, pengajuan kredit, pembukaan rekening baru di bank atau keperluan penting lainya yang harus menggunakan e-KTP.

Apabila anda ingin mengajukan kredit atau pembukaan rekening baru di Bank tetapi e-KTP anda masih KTP lama, maka anda tidak bisa melakukan pengajuan kredit ataupun pembukaan rekening.

Untuk mengatasi masalah tersebut, saat ini ada 5 Bank yang melayani pembuatan e-KTP secara langsung di Bank. Ke 5 Bank yang melayani pembuatan e-KTP adalah Bank BCA, Bank BRI, Bank Mandiri dan Bank BNI. Proses perekaman data e-KTP di bank hanya memerlukan waktu 10 menit atau tergantung kondisi Banknya.


Artikel Lainya :


Jika anda ingin melihat status e-KTP sudah online atau belum, anda bisa mengetahuinya dengan cara mengecek NIK di KTP anda secara online. Apabila NIK anda berisi data yang benar berarti data anda sudah terdaftar dalam data nasional. Berikut Cara Mengetahui Status NIK di e-KTP Sudah Online.

Cara Mengetahui Status NIK di e-KTP Sudah Online

Cara Mengetahui Status NIK di e-KTP Sudah Online
Cara Mengetahui Status NIK di e-KTP Sudah Online

Untuk mengetahui NIK (nomor induk kependudukan) e-KTP anda sudah online atau belum, silahkan lakukan cara berikut ini.

1. Cek Status e-KTP Melalui Aplikasi

Cara ini dapat anda lakukan dengan mendownload aplikasi Cek KTP  ID  &  NIK  Online melalui Google Playstore. Setelah anda selesai mendowload silahkan buka aplikasinya dan masukan NIK e-KTP anda. Selanjutnya silahkan tunggu hingga seluruh data anda muncul pada aplikasi tersebut.

2. Cek Status e-KTP Melalui Website Pemerintah Daerah

Cara lain yang dapat anda lakukan untuk melihat status NIK e-KTP anda sudah online atau belum, anda bisa mengunjungi website pemerintah daerah seperti website Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Sebagai contoh anda bisa mengakses website Disdukcapil kota Bogor untuk mengecek status e-KTP anda disini http://disdukcapil.kotabogor.go.id/v1/ektp/cek_cetak. Silahkan masukan NIK di e-KTP anda ke kolom Masukan NIK Anda. Setelah itu klik tombol pencarian untuk melanjutkan ke proses pencarian NIK e-KTP.

Setelah itu sistema akan menunjukan data lengkap yang terdapat di e-KTP anda. Silahkan cek data tersebut dengan benar. Apabila data anda tidak ditemukan oleh sistem, artinya NIK anda masih belum terdaftar dalam data nasional di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

3. Cek Status e-KTP Menggunakan Card Reader

Cara ini sangat mudah dan cepat tetapi sangat sulit ditemukan karena Card readernya hanya terdapat di instansi terkait seperti di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Apabila anda ingin mengecek status e-KTP, maka anda harus mengunjungi instansi yang menyediakan Card Reader tersebut untuk membaca data di e-KTP anda.

 

Demikian Cara Mengetahui Status NIK di e-KTP Sudah Online. Jagalah data e-KTP anda supaya tidak disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Apabila e-KTP anda hilang segera melapor dan membuat e-KTP yang baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.