Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat Secara Alami

0
129
Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat Secara Alami

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat Secara Alami – Jerawat dan bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan. Apalagi jika jerawat atau bekas jerawatnya tidak hanya satu, pasti anda akan merasa kurang percaya diri saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Jerawat dan bekas jerawat memang sulit untuk di sembuhkan. Tetapi jika anda melakukan perawatan wajah dengan sungguh-sungguh pasti jerawat dan bekasnya bisa hilang dari wajah anda. Anda bisa mengobati jerawat anda secara alami dan murah tanpa harus menggunakan obat-obatan dan perawatan facial di salon.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah Agar Tetap Terlihat Muda

Sebelum membahas cara menghilangkan jerawat dan menghilangkan flek hitam bekas jerawat secara alami, kita akan menjelaskan dulu apa itu jerawat, jenis-jenis jerawat dan penyebab terjadinya jerawat pada kulit.

Apa itu jerawat?

Setiap orang hampir mengalami penyakit jerawat. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang tua. Lalu apa sih penyakit jerawat itu? Jerawat atau dalam bahasa medisnya acne vulgaris, dapat terjadi pada saat folikel rambut anda tersumbat dengan minyak dan kulit mati, yang dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Jadi folikel rambut ini berperan untuk menghubungkan pori-pori dan kelenjar sebasea (kelenjar penghasil minyak di bawah kulit).

Jenis-jenis jerawat

Ada 5 jenis jerawat yang pada umumnya sering terjadi. Jenis jerawat tersebut adalah :

  1. Pustula
  2. Papula
  3. Nodul
  4. Jerawat batu (jerawat kistik)
  5. Blackhead dan whitehead (komedo)

Penyebab terjadinya jerawat

Jerawat dapat terjadi pada kulit wajah, dada, punggung dan pundak. Jerawat sering terjadi pada anak muda yang sedang dalam masa pubertas. Selain itu penyebab lain munculnya jerawat yaitu karena faktor makanan yang kurang di jaga, penggunaan kosmetik atau sabun jerawat yang sembarangan, sering terkena debu atau kotoran lain dan jarang membersihkan kulit wajah dan badan.

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat Secara Alami

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat Secara Alami
Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat Secara Alami

Banyak sekali cara untuk menghilangkan jerawat mulai dari perawatan wajah di salon atau menggunakan beberapa produk obat yang dapat menyembuhkan jerawat. Beberapa cara tersebut memang sangat cepat dalam menyembuhkan jerawat, namun anda juga harus berani mengeluarkan biaya perawatan yang cukup mahal.

Baca Juga : Manfaat dan Bahaya Suntik Vitamin C bagi Kesehatan

Jika anda ingin mencoba menggunakan cara alami untuk menghilangkan jerawat anda bisa mengikuti beberapa caranya dibawah ini.

1. Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Menggunakan Masker Alpukat dan Madu

Untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami anda bisa menggunakan masker alpukat dan madu. Alpukat sendiri berfungsi untuk merawat kulit karena mempunyai banyak kandungan vitamin E. Sedangkan madu mempunyai kandungan hidrogen peroksida yang berfungsi untuk menghilangkan bakteri.

Cara menggunakan masker alpukat dan madu

  • Siapkan wadah yang bersih dan masukan daging buah alpukat
  • Buatlah daging alpukat tersebut menjadi halus
  • Selanjutnya campurkan 1 sendok madu dan aduk hingga homogen
  • Jika anda mempunyai lemon anda juga dapat menambahkan perasanya kedalam campuran tersebut.
  • Setelah selesai, oleskan campuran tersebut ke wajah yang berjerawat dan diamkan selama 15-20 menit.

2. Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Menggunakan Buah Pepaya

Buah pepaya juga dapat merawat kulit wajah anda yang berjerawat karena mengandung enzim papain. Buah pepaya dapat memutihkan kulit wajah, mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit yang berjerawat dan menghilangkan sel kulit mati.

Cara menghilangkan jerawat dengan buah pepaya ini sama seperti menggunakan masker alpukat dan madu, yaitu dengan cara dihaluskan lalu di oleskan pada wajah yang berjerawat. Kemudian diamkan selama 15 menit.

3. Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Menggunakan Es Batu

Es Batu sangat bermanfaat untuk kulit yaitu dapat mengurangi peradangan, menetralkan kulit, mengurangi minyak dan kotoran pada kulit wajah. Untuk menggunakan cara ini silahkan ikut langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Buatlah es batu dari air yang bersih
  • Bungkus es batu menggunakan kain yang bersih
  • Tempelkan es batu pada wajah yang berjerawat selama beberapa detik
  • Ulangi terus cara ini beberapa kali dan gunakanlah secara rutin

4. Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya bermanfaat sebagai antioksidan yang yang dapat mempercepat penyembuhan kulit yang berjerawat. Selain itu lidah buaya juga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat karena mempunyai kandungan poliskarida dan giberalin.

Baca Juga : Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Alergi Obat

Cara Menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

  • Siapkan beberapa helai lidah buaya, kemudian potong bagian samping lidah buaya supaya tidak ada durinya. Selanjutnya potong lagi menjadi dua bagian
  • Ambil gel lidah buaya dengan cara memotong bagian atas daunya kemudian tuangkan pada wadah yang bersih
  • Haluskan gel lidah buaya tersebut, kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat
  • Selanjutnya diamkan selama 3-5 menit

5. Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Menggunakan Buah Mentimun

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat Secara Alami
Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat Secara Alami

Buah mentimun dapat merawat kulit wajah anda yang berjerawat karena memiliki banyak kandungan antioksidan, asam amino, mineral dan juga vitamin C. Kandungan antioksidan tersebut dapat merawat kulit yang berjerawat serta melembabkan kulit agar terlihat lebih segar. Untuk menghilangkan jerawat menggunaka buah mentimun silahkan ikuti langkahnya dibawah ini.

  • Potong-potonglah mentimun sesuai dengan kebutuhan
  • Selanjutnya tempelkan potongan mentimun pada wajah yang berjerawat
  • Diamkan potongan mentimun tersebut selama 15 menit
  • Bilas wajah dengan air hangat jika perawatan sudah selesai

 

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya (flek hitam) pada wajah. Gunakanlah cara diatas secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika menggunakan perawatan secara alami tidak bisa diatasi, maka saya anjurkan untuk pergi ke dokter spesialis kulit untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.