Cara Mudah Membuka Kembali Kartu ATM yang Terblokir

0
146
Cara Mudah Membuka Kembali Kartu ATM yang Terblokir
Cara Mudah Membuka Kembali Kartu ATM yang Terblokir

Cara Mudah Membuka Kembali Kartu ATM yang Terblokir – Kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) atau kartu debit merupakan kartu yang dikeluarkan oleh bank untuk digunakan sebagai alat pembayaran secara elektronik tanpa menggunakan uang cash/tunai. Untuk menggunakan kartu ATM ini anda harus mempunyai saldo yang cukup supaya dapat digunakan untuk bertransaksi.

Saat ini penggunaan kartu ATM semakin berkembang, ini disebabkan karena kartu ATM sangat memudahkan pembayaran dan tidak perlu repot-repot membawa uang cash/tunai. Kartu ATM dapat melakukan transaksi apapun seperti membeli pulsa, membeli voucher, membeli tiket, belanja pakaian atau membeli yang lainya.

Selain pengguna kartu ATM yang semakin banyak, saat ini beberapa mesin ATM juga sangat mudah ditemui. Tidak hanya diperkotaan yang besar, sekarang mesin ATM juga sudah tersedia di beberapa pedesaan yang jauh dari perkotaan.

Cara Mudah Membuka Kembali Kartu ATM yang Terblokir

Cara Mudah Membuka Kembali Kartu ATM yang Terblokir
Cara Mudah Membuka Kembali Kartu ATM yang Terblokir

Dibalik banyaknya pengguna kartu ATM, ada beberapa masalah yang sering kita temui. Contohnya kartu ATM tiba-tiba diblokir oleh sistem. Alasan terbanyak penyebab diblokirnya kartu ATM oleh sistem adalah lupa kata sandi/password.


Artikel Lainya :


Jika anda beberapa kali memasukan kata sandi yang salah, maka ATM akan secara otomatis memblokir kartu atm anda. Hal ini disebabkan karena sistem dalam mesin ATM mendeteksi adanya ketidak amanan dengan ATM anda, sehingga mesin ATM segera melakukan pemblokiran terhadap kartu anda.

Selain terblokirnya kartu ATM oleh mesin ATM, masalah lain yang sering ditemui adalah kartu ATM ditelan/masuk ke dalam mesin ATM dan tidak bisa keluar lagi. Penyebab seperti ini bisa dikarenakan kartu ATM anda sudah kadaluarsa, kartu ATM rusak, atau bisa juga disebabkan karena lupa password/pin kartu ATM.

1. Kartu ATM Terblokir Tapi Ingat PIN ATM

Cara mengatasi atau membuka kembali kartu ATM yang terblokir oleh sistem yaitu dengan menghubungi call center bank yang bersangkutan. Namun untuk membuka kembali ATM yang terblokir, sebaiknya anda ingat-ingat kata sandi/password yang benar untuk ATM anda. Jika anda ingat PIN/password ATM anda, silahkan lakukan langkah-langkah dibawah ini.

  • Siapkan nomor rekening dan nomor kartu ATM anda. Jika tidak tahu nomor rekening dan nomor kartu ATM silahkan cek di buku tabungan anda
  • Setelah semuanya siap, selanjutnya hubungi call center bank yang bersangkutan
  • Kemudian silahkan jelaskan masalah anda kepada costumer service tersebut. Setelah itu Cs bank tersebut akan memverifikasi data anda sesuai dengan data yang tersimpan di Bank yang bersangkutan
  • Setelah pencocokan data selesai, selanjutnya CS bank akan menanyakan apakah anda masih ingat PiN ATM anda. Jika masih ingat proses pembukaan kartu atm yang terblokir dapat dilakukan langsung melalui telpon
  • Jika proses pembukaan kartu ATM yang terblokir berhasil, maka kartu anda bisa segera digunakan kembali atau dalam waktu 1 jam tergantung dari bank masing-masing

Tidak semua bank dapat melakukan pembukaan kartu ATM yang terblokir melalui telpon, contohnya Bank BRI yang mewajibkan nasabahnya mendatangi kantor cabang terdekat untuk melakukan pembukaan kembali ATM yang diblokir dan dikenakan biaya sebesar Rp5000.

2. Kartu ATM Terblokir dan Lupa PIN ATM

Cara Mudah Membuka Kembali Kartu ATM yang Terblokir
Cara Mudah Membuka Kembali Kartu ATM yang Terblokir

Tidak seperti cara yang pertama, untuk membuka kartu atm yang terblokir dan lupa pin tidak bisa dilakukan melalui call center Bank. Satu-satunya cara untuk membuka kembali kartu ATM yang terblokir adalah dengan cara mendatangi kantor BANK yang bersangkutan. Ada beberapa persyaratan yang harus disiapkan jika anda harus mendatangi kantor bank tersebut, berikut persyaratanya.

  • Siapkan kartu ATM yang terblokir, buku tabungan, dan KTP (kartu tanda penduduk)
  • Silahkan datangi kantor bank yang pertama kali membuat nomor rekening anda
  • Kemudian jelaskan masalah yang anda alami kepada teller bank
  • Setelah itu teller bank akan meminta beberapa dokumen yang anda bawa untuk dilakukan verifikasi data
  • Jika pencocokan data selesai, teller bank akan menginformasikan kepada anda bahwa kartu ATM anda sudah dapat digunakan kembali
  • Kartu anda dapat digunakan kembali segera atau setelah beberapa jam
  • Proses pembukaan kartu ATM yang terblokir ini bisa dikenakan biaya sebesar Rp5000. Tetapi tidak semua bank meminta biaya untuk proses pembukaan kartu atm yang terblokir

3. Kartu ATM Tertelan Mesin ATM

Jika kartu ATM anda ditelan mesin ATM, anda bisa segera menghubungi call center bank yang bersangkutan untuk dilakukan pemblokiran kartu ATM. Tetapi sebelum menelpon call center bank sebaiknya pastikan dahulu bahwa ATM anda sudah benar-benar tertelan.

Setelah itu silahkan kunjungi kantor Bank yang bersangkutan untuk dibuatkan kembali kartu ATM yang baru. Jangan lupa membawa beberapa dokumen penting seperti buku tabungan dan KTP. Proses pembuatan kartu ATM baru di beberapa bank mungkin akan dikenankan biaya penggantian.

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.