digibank Transfer Valas Mengintegrasikan Perdagangan Indonesia Dengan Dunia Internasional

0
95
digibank Transfer Valas Mengintegrasikan Perdagangan Indonesia Dengan Dunia Internasional
digibank Transfer Valas Mengintegrasikan Perdagangan Indonesia Dengan Dunia Internasional

Kementerian Perdagangan Indonesia menyebutkan bahwa ada dua tantangan perdagangan internasional yang harus difokuskan solusinya. Dua tantangan tersebut adalah tumbuhnya sikap anti-globalisasi dan lemahnya sistem multilateral. Sikap anti-globalisasi membuat beberapa negara skeptis bahkan menjauhi praktik impor. Sehingga gerak perdagangan Indonesia terhadap negara tersebut sangat terbatas. Indonesia tidak dapat mengekspor produknya ke sana.

Sedangkan lemahnya sistem multilateral pun memberikan dampak serupa hanya saja ini melibatkan banyak negara. Padahal sistem multilateral menolong negara berkembang, termasuk Indonesia. Sistem multilateral mendorong Indonesia untuk terus berinovasi dalam memenuhi kebutuhan produk dan jasa, baik di dalam maupun luar negeri. Karena persaingan bisnis dengan banyak negara memaksa setiap produsen untuk terus menghasilkan produk dan jasa yang berkualitas.

Dalam melakukan aktivitas perdagangan internasional, setiap negara tidak dapat menghindari transaksi dengan valuta asing. Saat melakukan transaksi ini ada konversi mata uang di dalamnya sesuai dengan kesepakatan. Dengan begitu, fasilitas remittance di Indonesia harus terus diperbaiki setiap periodenya. digibank memberikan kemudahan dan keuntungan bagi siapa pun yang akan melakukan remittance melalui aplikasi digibank by DBS.

 digibank Transfer Valas Mengintegrasikan Perdagangan Indonesia Dengan Dunia Internasional
digibank Transfer Valas Mengintegrasikan Perdagangan Indonesia Dengan Dunia Internasional

Bagi beberapa orang mungkin masih belum familiar dan bertanya-tanya apa itu remittance? Remittance adalah salah satu layanan transfer uang ke luar negeri maupun sebaliknya dengan menggunakan rupiah atau mata uang asing. Dalam digibank transfer valas, aktivitas tersebut bisa dilakukan dalam waktu 24/7 tanpa harus datang ke kantor cabang atau ATM terdekat karena fasilitas ini bisa dinikmati melalui aplikasi digibank by DBS.

digibank transfer valas benar-benar mengintegrasikan wirausaha Indonesia dengan pasar dunia. Selain transaksi bisa dilakukan secara 24/7, uang yang dikirim akan diterima pada hari itu juga selama dalam waktu yang ditentukan. Keuntungan lainnya adalah tidak ada biaya transfer apabila bertransaksi dengan beberapa mata uang, seperti USD, AUD, HKG, CAD, GBP, dan EUR. Bebas biaya transfer ini dapat dinikmati untuk pengiriman ke lebih dari 20 negara di dunia.

Melihat definisi apa itu remittance di atas, terlihat bahwa transaksi ini akan membuat seseorang harus mengonversi mata uangnya. Bagi beberapa orang hal tersebut memberatkan, apalagi nilai tukar rupiah terhadap dollar kian hari kian meningkat. Ini bukan lah masalah apabila bertransaksi menggunakan aplikasi digibank by DBS karena Rate FX yang diberikan sangat kompetitif. Sehingga transfer dengan valuta asing tidak memberatkan karena murah.

Adanya digibank transfer valas memudahkan wirausaha Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya secara mendunia. Apalagi saat ini kaum milenial banyak yang berminat menjadi pengusaha muda. Umumnya mereka menggeluti usaha di bidang non-migas, seperti kuliner, event organizer, crafting, fashion, dan lainnya. Bidang-bidang non-migas ini kian tahun jumlah ekspornya terus meningkat. Tercatat menjelang akhir tahun 2018 ekspor non-migas mencapai $162,65 miliar atau mengalami peningkatan sebesar 6,25%.

Perdagangan Indonesia dengan negara-negara dunia secara garis besar banyak bertransaksi dengan Cina, Amerika Serikat, dan Eropa. Pada Desember 2018, ekspor non-migas ke Cina menduduki peringkat pertama sebesar $1,67 miliar. Disusul di posisi kedua adalah Amerika Serikat dengan nilai $1,48 miliar, kemudian Jepang senilai $1,16 miliar. Sedangkan negara-negara Uni Eropa sebanyak 28 negara pun turut berkontribusi sebesar $1,33 miliar.

Melihat angka-angka tersebut dapat dibayangkan menurunnya apabila tidak ada fasilitas kemudahan dalam melakukan transaksi valas. Maka digibank hadir dengan digibank transfer valas untuk terus mempertahankan eksistensi Indonesia di dunia perdagangan internasional. Proses pengiriman uang dengan valuta asing melalui aplikasi digibank by DBS tidak memakan waktu lama.

Caranya, masuk ke aplikasi digibank by DBS dan pilih “Transfer” lalu “Transfer Valas”. Klik “Tambah Penerima” untuk proses selanjutnya yaitu memilih negara yang dituju, menentukan mata uang asing yang akan digunakan, serta bank tujuan. Masukkan data penerima serta nominal uang dengan benar sebelum mengakhiri proses. Klik “Lanjut” untuk menyelesaikan transaksi, jika sudah, uang akan dikirim saat itu juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.