Kelebihan dan Kekurangan Investasi Deposito Online

0
53
Kelebihan dan Kekurangan Investasi Deposito Online
Kelebihan dan Kekurangan Investasi Deposito Online

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Deposito Online – Deposito online merupakan investasi yang sangat aman dan menguntungkan. Deposito online adalah produk yang berbasis digital, semua pelayananya dapat diakses secara online melalui internet baik itu menggunakan komputer ataupun smartphone.

Kemudahan membuka akun simpanan di deposito online sangat mudah. Anda tidak perlu datang langsung ke Bank penyedia deposito untuk mendaftar, anda cukup mengunjungi website Bank terkait untuk mendaftar dan membuka akun deposito online anda. Selain itu pembukaan akun deposito online tidak seperti deposito konvensional yang membutuhkan materai.

Saat ini pengguna internet semakin meningkat dan peminat deposito online pun juga semakin banyak. Oleh karena itu sekarang banyak Bank-bank besar yang mulai menyediakan fitur deposito online untuk memudahkan masyarakat dalam pendaftaran pembukaan akun deposito online.

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Deposito Online

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Deposito Online
Kelebihan dan Kekurangan Investasi Deposito Online

Deposito online memang sangat menguntungkan dan juga sangat mudah dalam proses pembukaanya. Sebelum membuka akun deposito online sebaiknya anda pahami dulu beberapa Kelebihan dan Kekurangan Investasi Deposito Online supaya anda tidak salah dalam mengelola keuangan anda.

Kelebihan Investasi Deposito Online

Kelebihan investasi deposito online dapat kita lihat dari cara pendaftaranya yang sangat mudah dan tidak perlu mendatangi Bank penyedia. Kemudahan deposito online membuat masyarakat semakin banyak yang menyukai. Berikut adala Kelebihan investasi deposito online.

1. Kemudahan Dalam Pembukaan Akun Deposito Online

Proses pembukaan akun deposito online bisa dilakukan di rumah dengan mengakses e-banking tanpa harus mendatangi bank terkait. Anda hanya membutuhkan smartphone yang terhubung ke internet untuk melakukan pendaftaran pembukaan akun deposito online.

Selain itu kelebihan deposito online adalah nasabah dapat mempunyai akun deposito online lebih dari satu akun. Anda bisa membuat banyak akun deposito online jika anda berminat membuatnya. Untuk masalah tenor deposito online mempunyai jangka waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan juga 12 bulan.

2. Kemudahan Dalam Penutupan Akun Deposito Online

Kemudahan dalam proses penutupan akun deposito online juga sama seperti saat pembukaan yaitu dilakukan secara online tanpa harus pergi ke bank. Anda hanya perlu mengakses aplikasi e-banking di smartphone anda untuk proses penutupan akun dan pencairan dana.

Proses penutupan akun deposito online tidak seperti penutupan akun deposito konvensional yang harus mendatangi bank dan mengantri. Ini membuktikan bahwa deposito online jauh lebih efektif dibanding dengan deposito konvensional.


Artikel Lainya :


Kekurangan Investasi Deposito Online

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Deposito Online
Kelebihan dan Kekurangan Investasi Deposito Online

Dibalik kelebihan investasi deposito online ternyata masih menyimpan beberapa kekurangan yang harus lebih diperhatikan. Jika anda tidak mengetahui kekurangan dari  deposito online, anda bisa saja mengalami kerugian saat menginvestasikan uang anda. Untuk itu silahkan perhatikan beberapa kekurangan dari deposito online ini.

1. Rawan Penipuan

Bagi anda yang ingin mencoba investasi deposito online sebaiknya lebih berhati-hati karena banyak kejahatan yang memanfaatkan investasi online ini. Beberapa modus kejahatan yang sering terjadi adalah hacking dan phising.

Tips Menghindari Penipuan di Internet
  • Teliti dalam memilih website bank yang resmi. Biasanya phising atau hacker akan membuat website palsu untuk menyesatkan penggunanya
  • Jangan mudah percaya dengan penawaran-penawaran yang menggiurkan yang membuat anda harus membayar dana untuk mendapatkanya
  • Gunakanlah komputer atau smartphone pribadi agar data-data anda aman tidak diketahui orang lain
  • Jangan download atau instal aplikasi yang tidak dikenal karena bisa saja aplikasi tersebut membuat jalan untuk hacker masuk mengakses data-data anda di komputer

2. Tidak Mengerti Cara Pengisian Formulir

Masalah yang sering terjadi saat pendaftaran akun deposito online adalah tidak mengerti cara mengisi formulir pendaftaran. Kekurangan ini membuat nasabah kesulitan memahami istilah-istilah keuangan yang ada dalam formulir pendaftaran tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini anda bisa memanfaatkan internet untuk mencari tahu arti dari beberapa istilah keuangan tersebut. Jangan sampai anda salah mengisi formulir pendaftaran karena tidak mengetahui artinya. Jika anda salah dalam mengisi formulir pendaftaran anda bisa saja mengalami kerugian saat menginvestasikan uang anda.

3. Tidak Semua Bank Melayani Deposito Online

Saat ini hanya ada beberapa Bank yang menyediakan fitur deposito online, diantaranya adalah Bank CIMB Niaga, Bank Mandiri, Bank BRI, OCBC NISP, Bank Danamon BNI dan Bank HSBC.

Selain dari 6 Bank diatas, belum ada bank lain yang menggunakan fitur deposito online. Penggunaan fitur deposito online memang harus menghabiskan biaya yang sangat mahal yang menyebabkan beberapa bank lain tidak menggunakan fitur tersebut.

Cara Membuka Akun Deposito Online

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Deposito Online
Kelebihan dan Kekurangan Investasi Deposito Online

Untuk membuka akun deposito online anda harus mempunyai akun e-banking yang sesuai dengan rekening bank anda. Jika anda belum mempunyai akun e-banking silahkan mendaftar terlebih dahulu supaya dapat membuka akun deposito secara online. Berikut langkah-langkah pembukaan akun deposito online :

  • Silahkan masuk ke akun e-banking anda
  • Kemudian silahkan pilih Deposito online
  • Setelah itu pilih buka akun Deposito Online
  • Kemudian isilah kolom-kolom yang tersedia dengan benar dan lengkap
  • Selanjutnya masukan dana awal yang akan di setorkan ke Bank
  • Pilihlah tenor yang anda inginkan. Tenor deposito online memiliki jangka waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan juga 12 bulan
  • Untuk menerapkan perpanjangan jangka waktu otomatis (automatic roll over/ARO) silahkan klik pada opsi Ya atau Tidak
  • Setelah semuanya selesai, sekarang uang anda sudah berpindah ke Bank simpanan deposito

 

Itulah beberapa Kelebihan dan Kekurangan Investasi Deposito Online yang harus anda ketahui sebelum memulainya. Investasi deposito online sangat cocok untuk generasi millenial karena sangat praktis dan menguntungkan.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.