Kelebihan dan Kekurangan Investasi di Fintech Lending

0
49
Kelebihan dan Kekurangan Investasi di Fintech Lending
Kelebihan dan Kekurangan Investasi di Fintech Lending

Kelebihan dan Kekurangan Investasi di Fintech Lending – Fintech Lending atau financial technology (Peer to Peer Lending) merupakan inovasi terkini dalam bidang jasa keuangan. Di era digital ini fintech membantu masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan menjadi lebih efektif dan praktis.

Investasi di fintech lending merupakan investasi yang sangat menguntungkan, tetapi sebelum anda terjun dalam bisnis fintech sebaiknya anda ketahui dulu Kelebihan dan Kekurangan Investasi di Fintech Lending.

Cara kerja sistem fitech memang dikenal sangat mudah. fleksibel dan cepat yaitu hanya mempertemukan calon peminjam dengan seorang investor. Namun dengan kemudahan ini seorang investor pemula harus benar-benar paham dengan resiko yang akan dia hadapi.

Kelebihan dan Kekurangan Investasi di Fintech Lending

Dalam dunia bisnis investasi pasti akan memiliki keuntungan yang sangat besar. Tetapi tidak semua bisnis investasi menguntungkan investor. Berikut adalah beberapa Kelebihan dan Kekurangan Investasi di Fintech Lending :

Kelebihan Investasi Fintech Landing (Peer to Peer Lending)

Kelebihan dan Kekurangan Investasi di Fintech Lending
Kelebihan dan Kekurangan Investasi di Fintech Lending

1. Bisnis Investasi Fintech diawasi OJK

Saat ini bisnis fintech sudah diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang dapat membantu anda untuk berinvestasi lebih aman dari penipuan. Jika anda tertipu oleh oknum yang mengajak anda untuk berbisnis dalam investasi Fintech, silahkan laporkan kepada OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk ditindak lanjuti secara hukum.

Cara melaporkan penipuan investasi fintech kepada OJK bisa dilakukan dengan cara menghubungi layanan konsumen di nomor 1500655, atau anda juga dapat menghubungi otoritas jasa keuangan melalui email waspadainvestasi@ojk.go.id.

2. Profit yang di Dapatkan Sangat Besar

Saat ini bisnis investasi fintech memiliki profit/keuntungan yang sangat besar. Karena dapat memberikan bunga sebesar 17% hingga 20% setiap tahunya. Padahal bunga yang menjadi acuan untuk investasi fintech adalah sebesar 5.75%. Ini yang menyebabkan banyak investor menghabiskan uangnya berinvestasi di platform Fintech Landing untuk mendapatkan keuntungan/profit yang lebih besar.

3. Modal Investasi hanya Sedikit

Ivestasi fintech tidak seperti investasi saham atau investasi lainya yang membutuhkan modal yang banyak untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Investasi fintech dapat dilakukan dengan modal awal yang sedikit yaitu sebanyak Rp100.000 sudah bisa berinvestasi dan mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

4. Dapat Memilih Pelanggan / Peminjam

Investasi fintech dapat membuat investor memilih sendiri calon peminjam dengan melihat data-data peminjam yang diberikan oleh pihak fintech. Hal tersebut sangat menguntungkan investor karena bisa lebih teliti dalam memilih calon peminjam supaya tidak mendapatkan kerugian akibat kesalahan memilih calon peminjam.

5. Dapat Membantu Modal Usaha Kecil Menengah (UKM)

Investasi fintech dapat membantu permodalan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang dapat mensejahterakan masyarakat untuk mendapatkan penghasilan dari UKM yang di jalaninya. Jadi investasi fintech bukan hanya memberikan keuntungan yang banyak bagi investornya tetapi dapat membantu dalam UKM (Usaha Kecil Menengah).


Artikel Lainya :


Kekurangan Investasi Fintech Landing (Peer to Peer Lending)

Kelebihan dan Kekurangan Investasi di Fintech Lending
Kelebihan dan Kekurangan Investasi di Fintech Lending

Setelah kita mengetahui beberapa kelebihan investasi P2P lending (peer to peer lending) selanjutnya kita akan membahas beberapa kekurangan dari investasi fintech lending ini. Berikut beberapa Kekurangan Investasi Fintech Landing (Peer to Peer Lending) :

1. Sering Terjadi Penipuan

Penipuan kerap terjadi dimanapun termasuk dalam bisnis investasi online fintech. Walaupun investasi fintech dilindungi OJK, jika anda tidak teliti dalam membedakan mana investasi fintech yang asli dengan yang palsu anda bisa dengan mudah tertipu.

Untuk mencegah terjadinya kerugian akibat penipuan. Pastikan bahwa fintech anda sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (otoritas jasa keuangan). Kemudian pastikan data-data yang diberikan lengkap dan asli. Selanjutnya tanyakan kepada orang yang sudah berpengalaman dengan dunia fintech.

2. Tidak Bisa Klaim Investasi Sembarangan

Sebelum terjun ke dunia investasi fintech pastikan bahwa keuangan anda sedang dalam keadaan stabil karena dalam investasi fintech tidak bisa mengklaim dana sembarangan. Tidak seperti investasi lainya yang bisa menarik/mengklaim dana kapan saja, dalam investasi fintech anda hanya dapat mengklaim dalam waktu yang sudah ditetapkan sebelumnya.

3. Pengelolaan yang Salah

Kesalahan dalam pengelolaan investasi fintech bisa disebabkan karena diri kita sendiri yang kurang teliti dalam menjalankanya. Pengelolaan yang salah dapat menyebabkan bisnis investasi fintech anda menjadi bangkrut.

Untuk menghindari kebangkrutan akibat pengelolaan yang salah, pastikan bahwa keuangan perusahaaan fintech anda stabil, kemudian sebelum terjun ke investasi fintech pastikan kekuatan modal dan track record fintech tersebut dalam keadaan baik. Jika keuangan perusahaan fintech dalam keadaan stabil maka anda sebagai investor tidak akan mengalami kerugian yang membuat bisnis anda menjadi bangkrut.

4. Pihak Peminjam Tidak Membayar Tagihan Tepat Waktu

Dalam investasi fintech sering terjadi kerugian akibat pihak peminjam tidak membayar tagihan tepat waktu (menunggak). Jika anda baru terjun ke dunia investasi fintech maka anda harus mengetahui resiko itu terlebih dahulu supaya keuangan anda tetap stabil. Pihak perusahaan fintech tidak akan membantu atau ikut mengalami kerugian karena mereka hanya perantara atau pengelola antara investor (anda) dengan pihak peminjam.

Cara mengindari kerugian akibat peminjam tidak membayar tagihan tepat waktu yaitu harus lebih teliti ketika memilih calon peminjam. Perhatikan track record calon peminjam tersebut dengan baik. Pastikan calon peminjam mempunyai perputaran keuangan yang baik.

 

Itulah beberapa Kelebihan dan Kekurangan Investasi di Fintech Lending yang harus anda ketahui sebelum terjun kedunia fintech. Selalu teliti dalam mengelola keuangan dan memilih perusahaan fintech supaya tidak mengalami kerugian yang menyebabkan bisnis investasi fintech anda bangkrut.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.