Kelebihan dan Kekurangan Plugin Firewall WordPress

2
135
Kelebihan dan Kekurangan Plugin Firewall Wordpress

Kelebihan dan Kekurangan Plugin Firewall WordPress, Jika anda mencari plugin firewall untuk melindungi wordpress anda dari serangan hacker, Brute Force, dan Denial of service (DDoS). Sebelum menginstal plugin firewall sebaiknya anda baca dulu kelebihan dan kekurangan dari plugin firewall yang tersedia di wordpress.

Plugin Firewall wordpress atau bisa juga di sebut dengan WAF (Web application firewall) berfungsi untuk melindungi traffic yang masuk ke website anda dan memblokir semua ancaman yang akan membahayakan wordpress anda sebelum masuk ke wordpress anda. selain meningkatkan keamanan website anda, firewall juga dapat mempercepat kinerja website anda.

Ada dua jenis Plugin firewall yang ada di wordpress, yaitu :

  1. DNS Level Website Firewall
  2. Application Level Firewall

DNS Level Website Firewall berfungsi mengarahkan traffic website anda  melalui server cloud mereka. kemudian mereka hanya mengirimkan traffic yang aman ke website anda.

Application Level Firewall berfungsi memeriksa Traffic yang masuk ke website anda, firewall ini hanya bekerja ketika Traffic sudah masuk ke website anda. jadi plugin ini tidak seefisien DNS Level Website Firewall yang mengamankan dulu trafficnya sebelum masuk ke server kita. saya sarankan jika anda ingin menggunakan plugin firewall gunakanlah yang berjenis DNS Level Web Firewall karena kelebihanya sudah disebutkan diatas.

Dibawah ini adalah beberapa Plugin Firewall WordPress, Jika anda ingin menginstalnya sebaiknya anda baca dulu kelebihan dan kekurangan dari plugin ini.

Kelebihan dan Kekurangan Plugin Firewall WordPress

1. SiteLock

Kelebihan dan Kekurangan Plugin Firewall WordPress

SiteLock WAF adalah sebuah plugin firewall tingkat DNS yang mempunyai layanan CDN.  Plugin SiteLock ini menawarkan pemindaian malware setiap hari, pemantauan perubahan file penghapusan malware dan peringatan keamanan. semua yang diberikan siteLock mencakup perlindungan DDoS sementara dan perlindungan DDoS tingkat lanjut.

 

2. Sucuri

Kelebihan dan Kekurangan Plugin Firewall WordPress

Sucuri adalah plugin firewall wordpress tingkat DNS Firewall. Sucuri ini menawarkan layanan Brute force, penghapusan malware dan blacklist. cara kerja Sucuri ini yaitu mengarahkan semua traffic yang akan masuk ke server anda dengan mengarahkan ke server cloud mereka. kemudian Sucuri memindai traffic di server cloud mereka. jika traffic aman maka sucuri akan mengijinkan untuk masuk ke server anda. tetapi jika traffic tidak aman maka sucuri akan langsung memblokirnya agar tidak masuk ke server anda. selain meningkatkan keamanan Sucuri juga dapat meningkatkan performa website anda melalui optimasi chacing, akselerasi situs web, dan anycast CDN. jika anda ingin menginstal plugin firewall saya sarankan anda untuk menginstal plugin ini di website anda.

 

3. WordFence

Kelebihan dan Kekurangan Plugin Firewall WordPress

Plugin wordfence adalah plugin yang populer dengan tingkat aplikasi built in nya.. plugin ini memonitor website anda dari malware, perubahan file, SQL Injecions, dan yang lainya. plugin ini juga melindungi anda dari DDoS dan serangan Brute Force.  wordfence ini mempunyai tingkatan aplikasi, yang artinya wordfence ini akan memindai traffic ketika mau masuk ke server anda tetapi belum sampai memuat website anda.

 

4. CloudFlare

Kelebihan dan Kekurangan Plugin Firewall WordPress

Plugin firewall ini terkenal karena layanan CDN nya yang gratis yang dapat melindungi anda dari DDoS dasar. tapi plugin ini bukan termasuk WAF (website application firewall). jika anda ingin meningkatkan plugin ini ke WAF maka anda harus mengupgradenya ke Pro. plugin ini juga termasuk plugin tingkatan DNS. kelebihan dari plugin ini yaitu CDN, chacing dan jaringan servernya yang luas. tetapi kelemahan dari plugin ini yaitu tidak menawarkan keamanan scan tingkat aplikasi, perlindungan malware, penghapusan blacklist, pemberitahuan keamanan dan peringatan keamanan. plugin ini juga tidak memonitor website anda untuk perubahan file atau keamanan wordpress lainya.

 

5. BulletProof

Kelebihan dan Kekurangan Plugin Firewall WordPress

Plugin ini termasuk plugin tingkat aplikasi built in yang menawarkan keamanan login, backup database, mode perawatan, dan beberapa tweak keamanan untuk melindungi website anda. plugin ini tidak menawarkan untuk memonitor kode berbahaya yang ada di website anda. tetapi jika anda membeli yang premium plugin ini akan memberikan fitur tambahan yaitu  memantau intrusi dan file berbahaya di folder upload di wordPres anda.

 

Jika anda suka dengan artikel ini anda bisa membagikannya ke teman anda, silahkan klik tombol share di bawah artikel ini.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here