KELT-9B Planet Terpanas di Alam Semesta

0
134
KELT-9B Planet Terpanas di Alam Semesta

Jika kita membicarakan fenomena di luar angkasa pasti tidak akan ada habisnya. kita selalu penasaran dengan fenomena-fenomena tersebut. beberapa kejadian yang pernah kita dengar seperti adanya alien, ditemukanya planet baru dan banyak lagi. kita selalu bertanya-tanya apakah benar alien itu ada? apakah benar telah ditemukan planet baru? beberapa ada yang mengatakan Ya, tapi ada juga yang mengatakan bohong atau tidak percaya.

KELT-9B Planet Terpanas di Alam Semesta

Percaya atau tidak ada sebuah planet yang sangat panas yang bahkan bisa membuat hangus mahluk hidup jika mendekatinya. planet ini ditemukan oleh seorang astronom. dia memberi nama planet ini KELT-9B. planet baru ini mempunyai ukuran 2.8 kali lebih besar dari jupiter dan mempunyai jarak 650 tahun cahaya dari bumi.

Menurut seorang ilmuwan dari universitas ohio Scott Gaudi, planet ini mempunyai suhu 4600 kelvin. jika di bandingkan dengan matahari yang mempunyai suhu mencapai 5600 kelvin, planet ini hanya selisih 1000 kelvin dengan matahari. dia juga menyebutkan bahwa planet ini 80 persen lebih panas dibanding bintang di seluruh alam semesta.

“itu membuat planet ini menjadi planet terpanas di alam semesta. dengan selisih yang jauh ribuan derajat”.  ungkap gaudi.

KELT-9B Planet Terpanas di Alam Semesta

 

KELT-9B Planet Terpanas di Alam Semesta

 

Menurut Gaudi alasan pertama kenapa planet ini sangat panas yaitu karena bintangnya sendiri yaitu KELT-9. KELT-9 mempunyai suhu panas hingga 10.700 kelvin. alasan keduanya yaitu jarak planet dengan bintangnya sangat dekat dan hanya memerlukan 1.5 hari dari ukuran bumi untuk mengelilingi bintangya (KELT-9).

Menurut Alan duffy dari Universitas Swinburne, planet ini tidak akan mempunyai umur yang panjang, planet ini akan cepat hancur. itu dikarenakan bintangnya yang sangat terang dan mempunyai radiasi yang sangat kuat sehingga menyebabkan material dari permukaan planet tersebut hilang. dia menyebutkan bahwa planet ini setiap detik kehilangan 10 kg materialnya sehingga membuat planet ini akan cepat hancur tanpa memerlukan waktu miliaran tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here