Manfaat dan Bahaya Suntik Vitamin C bagi Kesehatan

0
69
Manfaat dan Bahaya Suntik Vitamin C bagi Kesehatan
Manfaat dan Bahaya Suntik Vitamin C bagi Kesehatan

Manfaat dan Bahaya Suntik Vitamin C bagi KesehatanVitamin C atau biasa disebut Asam askorbat merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memutihkan kulit dan sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Vitamin C bisa anda dapatkan dari berbagai jenis makanan, buah-buahan seperti buah jeruk, cabe, paprika, kiwi, pepaya, nanas dan melon. Vitamin C juga bisa ditemukan dalam bentuk suplemen, Contohnya Enervon C, Vitalong C, Ester-C dan masih banyak lagi.

Selain dari makanan dan suplemen, vitamin c juga bisa ditemukan dalam bentuk sediaan injeksi. Cairan injeksi vitamin C mempunyai warna jernih kekuningan. Beberapa merk vitamin C injeksi yang sering digunakan adalah Extrace, White-C dan Biocell. Vitamin C injeksi digunakan dengan cara disuntikan melalui Pembuluh darah (intravena), melalui kulit (subkutan) atau melalui otot (intramuskular).



Suntik vitamin C memang banyak manfaatnya, termasuk untuk memutihkan kulit. Namun, Suntik Vitamin C juga memiliki efek samping yang berbahaya untuk kesehatan jika dosis yang diberikan terlalu tinggi. Dosis harian suntik vitamin C injeksi untuk orang dewasa adalah 70-150 mg. Sedangkan jika orang yang kekurangan vitamin C bisa diberikan dosis harian sebanyak 300mg hingga 1 Gr.

Manfaat dan Bahaya Suntik Vitamin C bagi Kesehatan

Manfaat dan Bahaya Suntik Vitamin C bagi Kesehatan
Manfaat dan Bahaya Suntik Vitamin C bagi Kesehatan

Manfaat Suntik Vitamin C Bagi Kesehatan

Manfaat Suntik vitamin C memang masih memerlukan penelitian yang lebih lanjut lagi, karena suntik vitamin C masih belum terbukti manfaat keseluruhanya. Namun, ada beberapa yang mungkin sangat bermanfaat dari suntik vitamin C. Berikut adalah manfaat suntik vitamin C untuk kesehatan.

Vitamin C dapat Membantu Membentuk Kolagen

Kolagen merupakan protein dalam tubuh yang dapat memberikan kekuatan dan membantu pembentukan struktur tubuh seperti tulang, otot, sendi, kulit dan gigi. Jika anda kekurangan vitamin C maka struktur kolagen anda akan bermasalah, sehingga menimbulkan kelainan pada tulang dan pembuluh darah.

Dalam tubuh kita kolagen terdapat pada darah, otot, tendon, tulang dan juga kulit. Sumber protein kolagen termasuk sumber protein yang tidak mudah ditemukan dari sumber bahan pangan. Untuk menghasilkan kolagen dalam tubuh, anda memerlukan nutrisi yang menghasilkan kolagen seperti vitamin A, vitamin C, Vitamin E dan juga protein.

Vitamin C untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C termasuk vitamin yang dapat menjaga kesehatan kulit. Vitamin C bisa anda dapatkan dari berbagai sumber makanan seperti tomat, strawberry, jambu biji, cabe dan juga kiwi. Selain itu vitamin C juga dapat mengatasi berbagai masalah pada tubuh, seperti :

  • Memperbaiki jaringan sel kulit
  • Meningkatkan kesehatan pada mata
  • Mencegah Stroke
  • Mengurangi resiko terkena serangan jantung
  • Mencegah terjadinya hipertensi (darah tinggi)
  • Mengurangi resiko kanker
  • Mencegah penyakit jantung
  • Mencegah terjadinya penuaan dini

Sedangkan untuk jenis suntik vitamin C masih belum terbukti kebenaranya. Untuk itu penggunaan suntik vitamin C sebaiknya di kurangi.

Untuk Menangani Defisiensi Vitamin C

Defisiensi vitamin C atau kekurangan vitamin C (scurvy) dapat menyebabkan radang gusi, gusi berdarah, terganggunya pertumbuhan tulang dan gigi. Untuk mencegah terjadinya defiseinsi vitamin c sebaiknya segera konsumsi beberapa suplemen vitamin C.

Jika anda tidak mampu meminum vitamin C secara oral, mungkin anda bisa mencobanya dengan menggunakan suntik vitamin C. Selain untuk mencegah terjadinya defiseinsi vitamin C, vitamin C juga dapat digunakan ketika anda terkena penyakit seperti difteri, penumonia, batuk rejan, tuberkulosis, demam dan sinus.

Bahaya Suntik Vitamin C Bagi Kesehatan

Manfaat dan Bahaya Suntik Vitamin C bagi Kesehatan
Manfaat dan Bahaya Suntik Vitamin C bagi Kesehatan

Suntik vitamin C sebaiknya dilakukan dengan pengawasan dokter. Jika anda sembarangan menggunakan suntik vitamin C tanpa mengetahui kebutuhan dosis yang dibutukan oleh tubuh, mungkin anda akan mengalami beberapa masalah seperti memicu resiko gangguan fungsi ginjal. Selain itu suntik vitamin C juga dapat menyebabkan beberapa masalah seperti :

  • Suntik Vitamin C dapat meningkatkan diabetes
  • Suntik vitamin C dapat Mempersulit kinerja hati
  • Suntik vitamin C dapat menyebabkan alergi
  • Suntik vitamin C dapat menyebabkan kerontokan pada rambut
  • Suntik vitamin C juga bisa menyebabkan ketergantungan
  • Suntik vitamin C dapat mengurangi pembentukan melanin

Suntik vitamin C untuk ibu hamil sebaiknya dilakukan oleh dokter, karena efek samping dan manfaat suntik vitamin c bagi ibu hamil belum diketahui lebih jelas. Jika ibu hamil tidak begitu memerlukan vitamin c sebaiknya jangan dilakukan. Kecuali jika dokter menyarankan untuk melakukanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.