Melirik Hybrid sebagai Pilihan dalam Berkendara

0
23
Melirik Hybrid sebagai Pilihan dalam Berkendara
Melirik Hybrid sebagai Pilihan dalam Berkendara

Melirik Hybrid sebagai Pilihan dalam Berkendara – Mobil Hybrid belakangan ini hangat dibicarakan kalangan masyarakat. Orang pertama yang menciptakan Hybrid ialah pria kelahiran Australia, Prof. Ferdinand Porsche. Mobil Hybrid pertama yang dibuatnya disebut Porsche Lohner.

Mobil tersebut dilengkapi mesin bensin yang mempunyai fungsi menyuplai bahan bakar ke generator. Setelah itu daya listrik selanjutnya disalurkan lewat motor di roda depan. Mobil Hybrid pertama milik Porsche tampil sebagai bintang saat dipamerkan di Paris World Exhibition pada tahun 1990. Kini, kendaraan Hybrid sudah mulai terkenal hingga ke Indonesia.

Performa Hybrid sebagai Kendaraan Terbaik

Mobil Hybrid dikenal sebagai mobil yang ramah lingkungan, diciptakan untuk mengurangi polusi udara, dan hemat bahan bakar. Lain halnya dengan Auto2000 milik Toyota yang mampu membuat pasaran laku keras akan merk yang ditawarkannya, termasuk Mobil Hybrid.

Yamaha selaku produsen motor terbesar kedua di Indonesia juga meluncurkan Hybrid. Namun, Hybrid yang diusung Yamaha sudah pasti motor. Sebab, Yamaha tidak memproduksi mobil. Salah satu yang diperkenalkan Yamaha ialah Grand Filano Hybrid. Grand Filano memberikan dua varian yakni grand filano dengan ABS dan Grand Filano tanpa ABS yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan Anda.

Melirik Hybrid sebagai Pilihan dalam Berkendara
Yamaha Grand Filano Hybrid

Desain Grand Filano telah mengalami perubahan, namun bagian depan dan lampu belakang masih dipertahankan. Mesin yang diusung pun benar-benar berbeda. Grand Hybrid Yamaha menghadirkan teknologi listrik yang canggih.hal yang paling menonjol dari grand filano adalah lampu baru. Lampu didesain dengan LED yang lebih kekinian.

Tiga komponen penting sistem power assist hybrid Yamaha tersebut meliputi baterai, mesin SMG (Smart Motor Generator), dan ECU yang terkenal dengan nama SGCU (Smart Generator Control Unit). Meskipun berbasis SMG, Grand Filano sendiri memiliki fungsi yang mirip seperti sistem ACG starter yang terdapat pada PCX Hybrid. Mesin Hybrid Grand Filano diterapkan dalam mesin 125 cc air cooled. Hal ini membuat Yamaha semakin menunjukkan performa dan kebolehannya dalam bersaing di pasaran. Tampilan Grand Filano pun terkesan sangat mewah dan cantik.

Yamaha Grand Filano tidak hanya memamerkan teknologi Hybrid, melainkan dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Keyless System dan LCD TFT dipadupadankan dengan speedometer analog. Selain itu, Yamaha Grand Filano juga dilengkapi dengan fitur stop and start system agar bahan bakar lebih hemat. Terdapat pula power-socket charger dan anti-lock brake system. ABS ini biasanya hanya digunakan pada sepeda motor yang mewah atau bertipe sport saja.

Bagasi Yamaha Grand Filano juga lebih luas, sebab lubang pengisian bahan bakar didesain pada bagian dek depan, sehingga terkesan lebih praktis karena penumpang tidak perlu repot-repot turun pada saat pengisian. Meskipun tidak memproduksi Mobil Hybrid, namun Yamaha tetap eksis dengan keluaran produk Hybrid versinya. Yuk test drive dan lihat spesifikasi detail dari Mobil Hybrid keluaran dari Toyota disini

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.