Panduan Lengkap Bisnis Online Dropship Tanpa Modal

0
249
Panduan Lengkap Bisnis Online Dropship Tanpa Modal
Panduan Lengkap Bisnis Online Dropship Tanpa Modal

Panduan Lengkap Bisnis Online Dropship Tanpa Modal – Bisnis dropship merupakan bisnis yang tidak menggunakan modal. Artinya bisnis ini tidak memerlukan uang yang banyak untuk menyetock barang-barang yang ingin dijual.

Bisnis dropship hanya memerlukan contoh gambar produk dan juga deskripsi produk. Jika ada pelanggan yang membeli produk yang anda jual, anda harus menghubungi suplier untuk segera mengirimkan barang pesanan tersebut. Tentunya anda harus membeli barang dari suplier menggunakan uang anda sendiri.

Itulah sedikit gambaran tentang bisnis dropship. Selanjutnya saya akan memberikan anda beberapa cara untuk dropship dari beberapa marketplace populer di indonesia seperti shopee, tokopedia, bukalapak dan lazada.

Panduan Lengkap Bisnis Online Dropship Tanpa Modal

 

"<yoastmark

Untuk memulai bisnis dropship silahkan pilih salah satu marketplace terbaik menurut anda. Beberapa marketplace populer di indonesia adalah tokopedia, lazada, shopiee, bukalapak, blibli, bhineka dan masih banyak lagi. Selanjutnya silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.


Baca Juga :


Pendaftaran Toko Online

Setelah menentukan marketplace yang akan dijadikan tempat usaha, selanjutnya daftarkan akun anda untuk membuka toko online anda. Setelah itu tentukan nama toko anda. Untuk pemberian nama toko saya sarankan nama tokonya seperti nama barang yang akan anda jual atau nama toko yang unik dan mudah di ingat.

Mencari Supplier

Setelah berhasil mendaftarkan toko dan membuat nama toko, selanjutnya kita akan mencari supplier. Untuk mencari supplier sebaiknya dari luar marketplace yang anda gunakan. Contohnya jika anda berjualan di shopiee sebaiknya anda mencari supplier dari tokopedia, lazada, bukalapak, bhineka atau yang lainya.

Kenapa harus mencari supplier dari marketplace lain? pertanyaan ini sering di tanyakan oleh penjual yang baru terjun ke dunia dropship. Dropship itu berbeda dengan reseller, reseller mempunyai stock barang, bebas membeli barang dari supplier manapun dan bisa mempunyai supplier yang banyak. Sementara dropship tidak mempunyai stock barang dan harus mempunyai supplier yang sama (1 supplier).

Alasan kenapa harus mencari supplier dari luar MP untuk dropship yaitu mempermudah penginputan nomor resi sehingga pengiriman barang bisa dilakukan dengan cepat. Ingat setiap toko online tidak boleh menginput nomor resi dua kali dalam satu toko online/marketplace. Contohnya anda menjual barang di shopiee dan supplier anda juga dari shoppie. Nah, otomatis pada saat pengiriman barang supplier anda akan melakukan penginputan nomor resi dan toko anda juga harus menginput nomor resi.

Jika anda sudah terlanjur seperti itu dan status barang anda tidak dikirim, sebaiknya anda menghubungi costumer service market place tersebut dan jelaskan semua masalah yang anda hadapi.

Tips Memilih Supplier yang Asli untuk Dropship

Untuk pemilihan supplier mungkin anda akan dipusingkan karena banyak sekali suplier yang menjual barang yang murah dan populer. Tetapi anda jangan sampai salah untuk memilih supplier. Berikut beberapa tips untuk memilih supplier yang cocok untuk Dropship.

  1. Pilihlah supplier yang sudah mempunyai rating atau reputasi yang baik
  2. Pilihlah supplier yang mempunyai jasa pengiriman yang banyak
  3. Pilihlah supplier yang sudah menjual banyak produk
  4. Pilihlah supplier yang sudah mempunyai Gold merchant (tokopedia)
  5. Cari supplier yang menerima dropship. Sebaiknya hubungi dulu supplier dan meminta nomor telponya untuk memudahkan menanyakan izin dropship dan juga stock barang
  6. Cari supplier yang sering aktif atau online
  7. Cari supplier yang mempunyai banyak jenis produk
  8. Baca Peraturan toko supplier supaya anda tidak salah dalam menjual produknya
  9. Jalinlah hubungan yang baik dengan supplier anda

Jasa Ekspedisi Pilihan Untuk Dropship

"<yoastmark

Jika anda seorang pebisnis dropship sebaiknya saat mencari supplier dan pengiriman barang pilihlah jasa pengiriman JNE. Kenapa JNE? JNE tidak membuat nomor resi otomatis seperti JNT dan penginputan nomor resi JNE juga sangat mudah.

Untuk pemilihan jasa pengiriman untuk toko online anda sebaiknya pilih JNE saja, dan untuk mencari supplier sebaiknya carilah supplier yang menyediakan pengiriman melalui JNE. Jadi jika anda akan memesan barang dari supplier anda gunakan jasa pengiriman JNE supaya nomor resinya dapat anda input kembali di toko anda.

Cara Membeli Barang Untuk Dropship

Jika anda ingin membeli produk dari supplier anda dengan atasnama toko anda. Sebaiknya anda lakukan cara dibawah ini. Jika anda tidak melakukanya maka pengiriman barang akan di input atasnama toko supplier.

  1. Cari barang/produk yang di inginkan costumer anda
  2. Selanjutnya Klik beli produk
  3. Kemudian masukan nama, alamat dan nomor telpon customer anda
  4. Setelah itu pilihlah jasa pengiriman/jasa ekspedisi, saya sarankan untuk memilih JNE
  5. Kemudian centang pada kolom Dropshipper, lalu masukan nama toko anda dan nomor telpon anda
  6. Terakhir silahkan lakukan proses pembayaran

 

Itulah beberapa tahapan untuk berjualan online secara dropship. Jika ada kata-kata yang kurang dimengerti dari artikel ini, silahkan hubungi kami melalui email atau tinggalkan komentar dibawah ini.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.