Pengertian dan Persyaratan Pengajuan Rekening Koran

0
65
Pengertian dan Persyaratan Pengajuan Rekening Koran
Pengertian dan Persyaratan Pengajuan Rekening Koran

Pengertian dan Persyaratan Pengajuan Rekening Koran – Beberapa dari kita mungkin sering bertanya-tanya apa itu rekening koran, fungsi rekening koran dan manfaatnya rekening koran untuk kita sendiri.

Rekening koran merupakan bahasa yang diambil dari bahasa belanda yaitu Rekening-Courant. Rekening koran berfungsi untuk mencatat seluruh transaksi keuangan yang telah terjadi pada waktu tertentu dalam rekening Bank anda.

Selain untuk mencatat seluruh transaksi keuangan, rekening koran juga sering digunakan untuk persyaratan melamar kerja, persyaratan pengajuan pinjaman atau persyaratan mendapatkan Visa ke luar negeri.

Saat ini penggunaan rekening koran memang tidak terlalu diperlukan karena anda bisa melihat riwayat transaksi melalui mesin ATM, Website Bank atau bisa juga melalui Aplikasi M-Banking di smartphone. Namun, beberapa perusahaan masih membutuhkan rekening koran sebagai persyaratanya.

Pengertian dan Persyaratan Pengajuan Rekening Koran

Pengertian dan Persyaratan Pengajuan Rekening Koran
Pengertian dan Persyaratan Pengajuan Rekening Koran

Seperti yang sudah disebutkan diatas, Rekening koran merupakan sebuah istilah yang diambil dari bahasa belanda yaitu Courant yang berguna untuk mencatat seluruh transaksi keuangan yang telah terjadi pada akun rekening Bank anda.

Apa Saja Kegunaan Rekening Koran?

1. Rekening Koran untuk Pengajuan Pinjaman

Rekening Koran sangat dibutuhkan ketika anda ingin mengajukan pinjaman uang ke Bank. Misalnya anda ingin mengajukan pinjaman KPR untuk kredit rumah, pengajuan untuk kredit motor (KKB) dan pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Biasanya pihak Bank akan meminta untuk menyerahkan rekening koran untuk dilakukan pemeriksaan keuangan anda. Pihak Bank akan melihat kondisi kesehatan keuangan anda selama beberapa bulan terakhir melalui rekening koran yang anda berikan.

2. Untuk Melihat Catatan Transaksi Keuangan

Rekening Koran juga berfungsi untuk melihat seluruh catatan transaksi keuangan yang telah anda gunakan dalam waktu 3 bulan terakhir. Misalnya catatan penarikan uang dari rekening Bank anda, catatan uang yang masuk ke rekening Bank anda, informasi bunga Bank, dan informasi biaya administrasi.


Artikel lainya :


Kelebihan lainya pada rekening koran dapat menampilkan pesan yang dicantumkan saat melakukan transaksi. Tidak seperti buku tabungan yang hanya menampilkan arus kredit, arus debit, tanggal dan waktu transaksi keuangan.

3. Untuk Pembuatan Visa

Jika anda ingin pergi dan tinggal sementara di luar negeri pasti anda akan membutuhkan visa sebagai surat izin anda mengunjungi luar negeri. Salahsatu persyaratan untuk pembuatan Visa adalah print out rekening 3 bulan terakhir untuk dilakukan pengecekan arus dana yang keluar dan masuk ke rekening anda.

Selain itu persyaratan pembuatan visa juga membutuhkan beberapa dokumen lain seperti surat pajak bumi dan bangunan, SPT PPh 21, tunjangan pensiun dan slip gaji.

4. Mengikuti Acara Lelang

Untuk mengikuti acara lelang biasanya akan diminta untuk melampirkan informasi keuangan yang anda miliki. Salah satunya anda harus melampirkan informasi keuangan melalui rekening koran yang anda miliki. Kemudian panitia acara lelang akan memeriksa kondisi keuangan anda selama beberapa bulan kebelakang.

Persyaratan dan Cara Pengajuan Pembuatan Rekening Koran

Pengertian dan Persyaratan Pengajuan Rekening Koran
Pengertian dan Persyaratan Pengajuan Rekening Koran

Syarat Pengajuan Pembuatan Rekening Koran

  1. Melampirkan e-KTP (kartu tanda penduduk)
  2. Melampirkan Buku Tabungan yang asli
  3. Melampirkan Kartu Debit
  4. Menyiapkan biaya pembayaran pencetakan rekening koran

Pencetakan rekening koran akan dikenakan biaya administrasi yang berbeda-beda tiap Banknya. Seperti contohnya harga pencetakan Rekening Koran Bank BCA Rp2.500/lembar, Bank Mandiri Rp2.500/lembar, Bank BNI Rp2.500 hingga Rp3.000/lembar, Bank BRI Rp25.000/lembar dan Bank Permata Rp10.000 setiap lembarnya. Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan Bank terkait.

Cara Mengajukan Pembuatan Rekening Koran

Pengajuan rekening koran dapat dilakukan secara langsung dengan mengunjungi kantor cabang Bank terdekat sesuai dengan rekening bank yang anda miliki. Kemudian lampirkan beberapa persyaratan yang sudah anda siapkan seperti diatas.

Proses pencetakan rekening koran biasanya tidak akan memakan waktu yang lama, proses pencetakan rekening koran hanya membutuhkan waktu hitungan jam bahkan sampai hitungan menit. Jika di kantor Bank tersebut terdapat pejabat bank yang sudah senior, maka customer service akan segera mencetak rekening koran anda secepatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.