Pengertian Hosting dan Domain Serta Manfaatnya

0
85
domain hosting

Pada artikel ini saya akan membahas tentang pengertian hosting dan domain beserta fungsinya. ketika pertama kali saya memulai aktivitas di blog saya dipusingkan dengan kata hosting dan domain. sebenarnya apa itu hosting dan domain? dan apa manfaatnya untuk blog? karena rasa penasaran saya mencari informasi tentang hosting dan domain ini di google. hingga pada akhirnya saya menemukan informasinya dan saya mulai mengerti apa itu hosting dan domain serta manfaatnya untuk sebuah blog atau website.

Pengertian Hosting dan Domain Serta Manfaatnya

1. Hosting

Hosting adalah sebuah rumah untuk  domain dan blog anda, dan domain anda sebagai petunjuk jalan menuju rumah anda yaitu hosting. hosting ini berfungsi untuk menyimpan data-data dari sebuah situs. contohnya jika anda mempunyai situs blog, situs pribadi atau situs perusahaan maka data-datanya akan disimpan di rumah anda yaitu hosting.

Di indonesia sendiri ada banyak penyedia hosting untuk website anda. jika anda ingin membuat sebuah blog atau website menggunakan wordpress maka anda harus membeli hosting dan juga domain. jika tidak menggunakan hosting maka situs blog/web anda tidak akan bisa di monetize atau tidak akan mendapatkan fitur lainya.

Berbeda dengan Blogspot yang sudah mempunyai hosting sendiri, anda tidak perlu membeli hosting lagi tapi cukup membeli domain saja.

Manfaat mempunyai hosting sendiri yaitu sudah mendukung fitur FTP, Webmail, MysQl dan lainya, sedangkan jika anda menggunakan hosting gratisan seperti  wordpress.com maka anda tidak akan mendapatkan fitur-fitur seperti itu.

Pengertian Hosting dan Domain Serta Manfaatnya

2. Domain

Domain adalah sebuah nama unik yang berfungsi untuk mengamankan situs anda dari orang lain walaupun orang lain mempunyai situs  yang sama tapi domain tidak akan pernah bisa sama. contohnya jika saya mempunyai situs vixiest.com maka orang lain yang ingin menggunakan kata Vixiest domainya akan berbeda tidak bisa menggunakan domain .com lagi. selain itu menggunakan domain juga membuat situs kita terlihat profesional di mata pengunjung.

Dalam dunia jaringan komputer domain dikenal dengan kata IP Adress (Internet Protocol Adress) yang berfungsi untuk memudahkan manusia untuk mengakses sebuah komputer di internet. komputer ini menggunakan kode-kode angka untuk dapat mengakses internet, contohnya 207.20.211.134, nah angka-angka tersebut berfungsi untuk membuka sebuah situs di internet. jika anda membuka sebuah situs di internet menggunakan angka-angka seperti itu pasti anda akan kesulitan untuk mengingatnya. maka dari itu lahirlah domain untuk memudahkan anda mengakses sebuah situs di internet.

 

Pengertian Hosting dan Domain Serta Manfaatnya

 

Jadi intinya hosting dan domain itu saling membutuhkan seperti hal nya kita mencari sebuah rumah dengan alamat tujuan yang jelas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here