Persyaratan dan Cara Membeli Rumah Menggunakan KPR Tanpa DP

0
121
Persyaratan dan Cara Membeli Rumah Menggunakan KPR Tanpa DP
Persyaratan dan Cara Membeli Rumah Menggunakan KPR Tanpa DP

Persyaratan dan Cara Membeli Rumah Menggunakan KPR Tanpa DP – KPR merupakan kredit kepemilikan rumah yang digunakan untuk membeli rumah secara kredit dengan cicilan atau angsuran setiap bulan dalam jangka waktu yang telah ditetapkan.

Rumah memang sangat penting untuk kehidupan manusia, tetapi untuk memiliki rumah memanglah tidak mudah. Anda harus mengeluarkan biaya yang sangat banyak untuk membeli rumah secara kontan. Namun saat ini membeli rumah bukanlah hal yang sulit lagi karena bisa membelinya dengan cara pembayaran cicilan atau angsuran setiap bulan menggunakan kredit KPR (kredit kepemilikan rumah).

Pembelian rumah secara kredit KPR (kredit kepemilikan rumah) membantu mewujudkan impian anda untuk memiliki rumah idaman tanpa harus membayarnya secara kontan/tunai. Anda hanya perlu membayar Uang Muka rumah (jika dibutuhkan) untuk memulai pembayaran secara angsuran/cicilan setiap bulan dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Persyaratan dan Cara Membeli Rumah Menggunakan KPR Tanpa DP

Persyaratan dan Cara Membeli Rumah Menggunakan KPR Tanpa DP
Persyaratan dan Cara Membeli Rumah Menggunakan KPR Tanpa DP

Persyaratan Pengajuan Kredit KPR ke Bank

Untuk pengajuan sistem kredit KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) ke Bank yang anda pilih. Silahkan lengkapi beberapa persyaratan pengajuan kredit KPR dibawah ini :

  • Lampirkan Slip Gaji 3 bulan terakhir
  • Foto copy buku tabungan anda
  • Lampirkan juga surat keterangan kerja
  • Sebaiknya anda sudah menjadi pegawai tetap/karyawan tetap minimal selama 2 tahun
  • Foto copy Kartu Keluarga (KK)
  • Foto copy e-KTP (kartu tanda penduduk)
  • Foto copy Surat Pernikahan
  • Pada umumnya pengajuan kredit KPR ke Bank dapat memakan waktu selama satu bulan

Langkah-Langkah Membeli Rumah Menggunakan Kredit KPR

Persyaratan dan Cara Membeli Rumah Menggunakan KPR Tanpa DP
Persyaratan dan Cara Membeli Rumah Menggunakan KPR Tanpa DP

Untuk membeli rumah impian anda menggunakan Kredit KPR, sebaiknya perhatikan beberapa langkah-langkah pembelian rumah KPR berikut ini :

1. Carilah Rumah yang Bisa dibeli Menggunakan Kredit KPR

Untuk mendapatkan rumah impian yang bisa dibeli menggunakan kredit KPR (Kredit Kepemilikan Rumah). Anda bisa mencarinya melalui media sosial, media iklan yang tersedia di internet, televisi, koran atau anda bisa langsung mendatangi tempatnya sendiri dan bertanya kepada pemilik rumah tersebut.

Cara lain untuk mendapatkan informasi rumah yang bisa dibeli menggunakan kredit KPR yaitu dengan mendatangi Bank. Bank yang bekerja sama dengan pemilik bisnis properti akan menunjukan lokasi rumah yang bisa di cicil dengan kredit KPR.

2. Selalu Teliti Saat Membeli Rumah Menggunakan Kredit KPR

Sebelum lanjut ke tahap pembayaran, sebaiknya anda pertimbangkan dahulu untuk meninjau lokasi rumah yang ingin anda beli tersebut. Tanyakan kepada pemilik properti harga rumah yang dia jual, berapa DP/uang muka yang harus dibayar, berapa cicilan perbulanya dan berapa biaya tanda jadi yang harus dibayarnya.

Kemudian jangan lupa cek juga design rumahnya, lokasi rumah, fasilitas apa saja yang didapatkan. Jika rumah masih dalam tahap pembangunan, jangan lupa untuk bertanya waktu selesai pembangunan rumah tersebut. Setelah itu jika menurut anda rumahnya sudah cocok dan pas dengan yang anda inginkan, silahkan lanjutkan ke tahap pembayaran biaya tanda jadi atau booking.

3. Membayar Biaya Tanda Jadi / Booking

Dengan membayar biaya tanda jadi atau booking, maka rumah yang sudah anda pesan tidak akan diberikan kepada orang lain dan harganya tidak akan dinaikan. Jika anda tidak membayar uang booking/tanda jadi, rumah anda bisa diambil alih orang lain atau harganya bisa dinaikan lagi.

Namun, tidak semua pemilik bisnis properti meminta biaya tanda jadi/booking. Ini hanyalah untuk jaga-jaga supaya rumah yang sudah lama anda tinjau tidak diberikan kepada pelanggan lain yang menginginkan rumah tersebut.

4. Membayar DP / Uang Muka Kredit KPR

Tahap selanjutnya yaitu membayar uang DP/uang muka. Pada tahap ini artinya anda sudah benar-benar akan membeli rumah yang anda impikan tersebut. Jika pemilik properti menganggap biaya tanda jadi/booking sebagai uang muka/DP, maka anda tidak perlu lagi membayar uang muka tersebut.

5. Pengajuan Kredit KPR Rumah ke Bank

Tahap selanjutnya setelah anda selesai membayar uang muka, silahkan lakukan pengajuan Kredit rumah KPR ke bank yang bekerja sama dengan pemilik properti tersebut. Biasanya jika anda menggunakan Bank yang sudah bekerja sama dengan pemilik properti, maka anda akan dibantu dalam proses pengajuan kredit rumahnya.

Anda juga bisa mengajukan kredit KPR ke Bank lain yang anda inginkan. Namun jika seperti itu semuanya anda yang mengurus dan dalam proses pengajuanya tidak akan dibantu oleh pemilik properti.

Selanjutnya setelah anda mengajukan permohoan pengajuan kredit KPR rumah ke Bank. Anda akan menunggu keputusan diterima atau tidaknya dari Bank. Jika Bank menerima pengajuan kredit KPR rumah anda, maka anda bisa melanjutkanya. Tetapi jika Bank menolak pengajuan Kredit KPR rumah, maka uang muka atau tanda jadi yang sudah dibayarkan akan dikembalikan lagi kepada anda.


Artikel Lainya :


Menunggu keputusan dari Bank biasanya akan memakan waktu selama satu bulan. Dalam waktu satu bulan tersebut pihak Bank akan melakukan survei data-data yang anda berikan. Survei tersebut bisa dengan cara menelpon tempat kerja dan menanyakan anda, menelpon keluarga, melihat slip gaji anda, tabungan anda dan memastikan bahwa anda tidak dalam blacklist kredit. Jadi intinya pihak bank akan melihat dan menilai kondisi keuangan anda untuk menerima pengajuan Kredit KPR rumah.

Cara Membeli Rumah Menggunakan Kredit KPR Tanpa DP

Persyaratan dan Cara Membeli Rumah Menggunakan KPR Tanpa DP
Persyaratan dan Cara Membeli Rumah Menggunakan KPR Tanpa DP

Jika anda ingin membeli rumah menggunakan kredit KPR tapi tidak bisa membayar uang muka/DP karena tidak memiliki biaya yang cukup. Silahkan ikuti langkah-langkah kredit rumah tanpa DP berikut ini.

1. Menggunakan Jasa Notaris

Cara membeli rumah menggunakan kredit KPR tanpa membayar DP atau uang muka bisa dilakukan dengan cara meyakinkan penjual bahwa dalam waktu yang dekat anda akan membayar cicilan rumah tersebut. Supaya lebih meyakinkan penjual sebaiknya anda menggunakan jasa notaris untuk melakukan perjajian pembelian rumah menggunakan kredit KPR tanpa DP.

2. Mencari Perumahan yang Baru Selesai di Bangun

Trik lain untuk membeli rumah tanpa DP bisa dilakukan dengan cara mencari perumahan yang baru selesai di bangun dan sudah siap untuk di jual. Biasanya perumahan yang baru selesai dibangun akan memberikan promosi kredit rumah tanpa DP untuk menarik perhatian customer.

Selain itu perumahan yang baru biasanya akan bersaing karena masalah harga. Jika anda beruntung mungkin anda bisa membeli rumah menggunakan kredit KPR tanpa DP dengan harga yang murah karena masih promosi. Tetapi anda juga tidak boleh asal pilih rumah. Anda harus lebih teliti dalam memilih rumah yang ingin anda beli supaya tidak menyesal kedepanya.

3. Mencari Rumah yang Masih Dalam Proses Pembangunan

Selain membeli rumah yang baru selesai dibangun, biasanya pemilik properti akan memberikan promosi kepada pelangganya pada saat rumahnya masih dalam proses pembangunan. Contoh promosi yang dilakukan, yaitu dengan cara memberikan pelanggan baru yang mau membeli rumahnya sekarang (saat dibangun) akan diberikan cicilan ringan dengan DP atau uang muka yang murah.

Kekurangan pembelian rumah pada saat masih dibangun yaitu anda harus selalu bersabar menunggu hingga proses pembangunan rumah selesai. Tetapi kelebihan yang di dapat bisa membuat kondisi keuangan anda sedikit lebih hemat.

 

Itulah Persyaratan dan Cara Membeli Rumah Menggunakan KPR Tanpa DP. Jadi sekarang tentukan pilihan anda sebelum benar-benar deal membeli rumah impian anda menggunakan kredit KPR. Selalu perhatikan lokasi sekitar rumah, harga rumah, biaya cicilan rumah, biaya Dp rumah, fasilitas-fasilitas dalam rumah dan perhatikan juga desain rumahnya.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.