Persyaratan dan Cara Membuat Visa Korea Selatan

0
80
Persyaratan dan Cara Membuat Visa Korea Selatan
Persyaratan dan Cara Membuat Visa Korea Selatan

Persyaratan dan Cara Membuat Visa Korea Selatan – Bagi anda yang ingin pergi ke Korea Selatan dengan tujuan untuk bekerja, melanjutkan pendidikan atau hanya sekedar liburan, buatlah Visa Korea Selatan agar kunjungan anda ke korea selatan tidak mendapatkan halangan/masalah.

Korea selatan mempunyai 8 jenis Visa yang masing-masing mempunyai kegunannya. 8 Jenis visa korea selatan tersebut adalah :

  1. Visa Kode A : Digunakan bagi diplomat atau orang pemerintahan dari negara luar
  2. Visa kode B : Digunakan bagi turis yang berasal dari negara-negara tertentu
  3. Visa Kode C : Digunakan bagi warga negara asing yang mempunyai keperluan tertentu dalam jangka waktu pendek
  4. Visa Kode D : Digunakan bagi warga negara asing yang bertujuan untuk belajar, magang, misionaris, jurnalis, seorang investor, orang yang bekerja sebagai supervisor di perusahaan korea selatan dan bagi warga negara asing yang sedang mencari kerja di korea selatan
  5. Visa Kode E : Visa jenis ini digunakan bagi seorang Guru, professor, konsultan profesional, instruktur teknik, kru kapal dan entertainer
  6. Visa Kode F : Digunakan untuk mengunjungi keluarga yang tinggal di korea selatan
  7. Visa Kode G : Untuk keperluan lainya
  8. Visa Kode G : Digunakan untuk working holiday, kunjungan kerja atau keperluan lainya

Jika dilihat dari banyaknya jenis Visa korea selatan mungkin cukup membingungkan. Tapi jika anda sering pergi ke korea selatan anda bisa membuat beberapa visa korea selatan. Berdasarkan situs Kedutaan Besar Indonesia, WNA yang ingin pergi ke korea bisa membuat beberapa Visa, seperti Visa diplomatik, visitasi bisnis,visitasi turis, visitasi sosial kultural, visitasi limited stay dan visitasi multiple entry.

Persyaratan dan Cara Membuat Visa Korea Selatan

Persyaratan dan Cara Membuat Visa Korea Selatan
Persyaratan dan Cara Membuat Visa Korea Selatan

Persyaratan Membuat Visa Korea Selatan

Ada beberapa persyaratan yang harus anda siapkan untuk membuat Visa Korea Selatan. Diantaranya adalah :

1. Surat Keterangan kerja

Bagi anda yang ingin mengunjungi korea selatan dengan tujuan bekerja di salah satu perusahaan korea selatan, silahkan lampirkan surat keterangan kerja yang asli dan sudah terlegalisir oleh instansi terkait sebagai persyaratan untuk membuat Visa korea selatan.

2. Surat keterangan mahasiswa

Bagi anda yang ingin pergi ke korea selatan dengan tujuan melanjutkan pendidikan, silahkan buat Surat keterangan mahasiswa yang asli dan sudah terkegalisir oleh pihak terkait. Jika anda tidak membuatnya, maka anda tidak akan bisa membuat Visa korea selatan.

3. Melampirkan dokumen keuangan pribadi

Sebagai persyaratan pembuatan Visa korea selatan, anda wajib melampirkan dokumen keuangan pribadi anda seperti Slip gaji atau rekening koran. Jika anda seorang mahasiswa, silahkan lampirkan rekening koran milik orang tua anda.


Artikel lainya :


4. Melampirkan fotocopy Kartu Keluarga (KK)

Melampirkan fotocopy Kartu Keluarga (KK) juga merupakan salah satu persyaratan pembuatan Visa korea selatan untuk memastikan bahwa anda benar-benar dari negara Indonesia.

5. Melampirkan paspor asli

Untuk melengkapi persyaratan pembuatan Visa korea selatan, silahkan lampirkan Paspor asli dan fotocopy identitas paspor yang anda miliki. Jika anda sebelumnya sudah mempunyai paspor, silahkan lampirkan paspor tersebut dengan paspor yang baru anda buat.

6. Persyaratan lainya jika dibutuhkan

Persyaratan ini hanya digunakan jika anda mendapatkan sebuah undangan untuk berkunjung ke korea selatan. Contohnya apabila anda di undang untuk mengunjungi peresmian sebuah perusahaan di korea selatan atau untuk keperluan lainya. Berikut beberapa persyaratan lainya yang harus anda siapkan :

  • Fotocopy surat izin usaha (SIUP) yang mengundang anda
  • Melampirkan surat undangan yang anda terima dari korea selatan
  • Mealmpirkan fotocopy identitas yang mengundang anda
  • Melampirkan surat jaminan dari perusahaan korea selatan yang mengundang anda
  • Jika anda diundang karena harus melanjutkan pendidikan di korea selatan, silahkan lampirkan bukti certificate of admission yang anda dapatkan dari korea
  • Jika undangan dari korea mengharuskan anda untuk cek kesehatan, silahkan lampirkan bukti surat sehat anda dari Rumah sakit yang sudah di tunjuk oleh pihak pengundang

7. Persyaratan Pengajuan Multiple Entry

  1. Melampirkan surat keterangan Kerja bagi pegawai negeri sipil indonesia
  2. Melampirkan surat keterangan kerja bagi pejabat penerbangan yang melayani rute korea selatan
  3. Jika anda pernah mengunjungi korea selatan, silahkan lampirkan Visa/paspor anda yang sebelumnya digunakan
  4. Bagi WNI yang mempunyai Visa negara OECD (34 Negara), silahkan lampirkan Visa kunjungan ke negara OECD tersebut
  5. Bagi WNI yang mempunyai nilai pajak diatas Rp.109.000.000, silahkan lampirkan SPT PPH 21 1721-A1/A2
  6. Bagi dokter, professor, pengacara atau yang mempunyai keahlian pekerjaan, silahkan lampirkan sertifikasi keahlian kerja anda
  7. Apabila anda seorang mahasiswa lulusan Universitas Korea selatan yang masih menjadi Warga Negara Indonesia, silahkan lampirkan Sertifikat atau Ijazah kelulusan dari Universitas tersebut

Cara Membuat Visa Korea Selatan

Persyaratan dan Cara Membuat Visa Korea Selatan
Persyaratan dan Cara Membuat Visa Korea Selatan
  1. Silahkan unduh formulir Aplikasi Visa Disini. Setelah anda mendapatkan Formulir aplikasi Visa, silahkan isi beberapa kolom yang diminta menggunakan Bahasa Inggris/Korea dengan huruf Capital.
  2. Selanjutnya serahkan beberapa dokumen persyaratan yang sudah anda siapkan ke kedutaan besar korea selatan yang ada di Indonesia yang beralamat di Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav. 57 Jakarta.
  3. Kemudian silahkan lakukan pembayaran secara Tunai/cash secara langsung di loket Kedutaan Besar Korea Selatan. Jika anda nasabah Bank KEB Hana Bank, anda bisa membayarnya secara transfer di loket Bank yang sudah ditentukan.
  4. Terakhir, aplikasi pembuatan Visa anda sedang dalam proses pembuatan. Proses pembuatan visa ini memakan waktu hingga 6 hari kerja. Jika persyaratan pembuatan Visa tidak lengkap, maka proses pembuatan visa mungkin akan semakin lama. Untuk itu sebelum mengajukan pembuatan Visa sebaiknya anda siapkan dengan teliti beberapa persyaratan yang harus anda lampirkan.
  5. Dalam waktu 6 hari anda bisa mengecek status pengajuan visa korea selatan di website mofa.go.kr jika anda tidak mengerti bahasa Korea, silahkan ubah ke Bahasa Indonesia yang sudah disediakan

Biaya Pembuatan Visa Korea Selatan

Pembayaran Visa bisa dilakukan secara langsung di Kedutaan Besar Korea Selatan untuk Indonesia. Atau bisa secara transfer jika anda nasabah KEB Hana Bank. Berikut adalah biaya pembuatan Visa Korea Selatan.

  • Biaya pembuatan Single Visa (kunjungan kurang dari 90 hari) adalah sebesar Rp544.000
  • Biaya pembuatan Double Visa (2 kali masuk korea selatan selama 6 bulan) yaitu sebesar Rp952.000
  • Untuk pembuatan Multiple Visa adalah sebesar Rp1.224.000. Multiple Visa mempunyai masa berlaku selama 5 taun
  • Biaya Visa yang sudah anda bayar tidak akan dikembalikan apabila formulir pengajuan Visa anda di tolak oleh Kedubes

 

Demikian Persyaratan dan Cara Membuat Visa Korea Selatan serta biaya pembuatanya. Sebelum mengajukan pembuatan Visa korea selatan silahkan siapkan beberapa dokumen yang diperlukan supaya pembuatan Visa tidak di tolak oleh pihak kedubes. Apabila pembuatan Visa di tolak oleh pihak kedubes korea, biaya yang sudah anda bayar tidak akan bisa dikembalikan lagi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.