Persyaratan dan Cara Pendaftaran Rumah DP 0 Rupiah di Jakarta

0
92
Persyaratan dan Cara Pendaftaran Rumah DP 0 Rupiah di Jakarta
Persyaratan dan Cara Pendaftaran Rumah DP 0 Rupiah di Jakarta

Persyaratan dan Cara Pendaftaran Rumah DP 0 Rupiah di Jakarta – Program rumah DP Rupiah adalah sebuah program unggulan yang di buat oleh gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan mantan wakil gubernur Sandiaga Uno. Rumah Dp 0 rupiah yang di buat oleh Pemerintah Provinsi DKI (Pemprov DKI) merupakan sebuah solusi untuk mengatasi masalah perumahan di ibu kota jakarta.

Gubernur DKI Anies Baswedan membuat program rumah DP 0 rupiah untuk diberikan kepada warga DKI yang masih belum mempunyai rumah sendiri. Anies menyebutkan pada tahun 2017 total penduduk di Jakarta yaitu sebanyak 10.37 juta jiwa. Dari total penduduk jakarta yang masih belum memiliki hunian sendiri adalah sebanyak 5.36 juta jiwa atau sekitar 51.7%.

Program rumah DP 0 rupiah atau yang disebut SAMAWA ini dapat anda beli secara kredit tanpa harus membayar uang muka (Down Payment/DP) sepeserpun. Anda hanya akan membayar langsung cicilan rumah tersebut karena uang muka akan di bayar sementara oleh pemprov DKI maksimal sebesar 20% dari total harga rumah. Setelah itu uang muka yang di bayar oleh pemprov DKI tersebut harus anda ganti dengan cara di cicil.

Untuk membangun rumah DP 0 rupiah gubernur Anies Baswedan menggandeng tiga pengembang sekaligus, yaitu PT Jakarta Propertindo, Perumda Pasar Jaya dan PD Pembangunan Sarana Jaya.

Rumah DP 0 rupiah ini rencananya akan dibangun terlebih dahulu di Jl. H Naman, Pondok Kelapa, jakarta timur dan diperkirakan akan selesai pada bulan juli tahun 2019. Rumah DP 0 rupiah yang akan dibangun di Jaktim ini sebanyak 780 unit rumah vertikal.

Persyaratan dan Cara Pendaftaran Rumah DP 0 Rupiah di Jakarta
Persyaratan dan Cara Pendaftaran Rumah DP 0 Rupiah di Jakarta

Rumah tersebut dibangun diatas lahan seluas 5.686 meter persegi dan mempunyai dua tipe yaitu tipe 21 dan tipe 36. Perumahan tersebut akan diberi nama Klapa Village karena akan mengusung konsep hijau.

Rumah Dp 0 rupiah yang dibangun di Jl. H Naman, Pondok Kelapa, jakarta timur sangat strategis karena dekat dengan stasiun buaran, tempat sekolah, tempat kuliner, tempat usaha dan juga rumah sakit. Jadi anda tidak akan kesulitan karena masalah transportasi ataupun hal penting lainya.

Berapa harga rumah DP 0 rupiah di jakarta? Harga rumah Dp 0 rupiah dijakarta terbagi 2 berdasarkan jenis tipe 21 dan tipe 36. Harga rumah DP 0 rupiah tipe 21 yaitu sebesar Rp184 juta hingga Rp213 juta. Sedangkan untuk harga rumah Dp 0 rupiah tipe 36 adalah Rp304 juta hingga Rp310 juta.

Harga rumah DP 0 rupiah dari kedua tipe tersebut belum termasuk PPN (Pajak Pertambahan Nilai). Harga rumah Dp 0 rupiah yang di buat oleh gubernur Anies Baswedan masih terbilang lebih mahal dari harga patokan rumah subsidi di jakarta sebesar Rp148.5 juta.

Berapa cicilan rumah DP 0 rupiah di Jakarta? Berdasarkan Peraturan Gubernur DKI Nomor 104 Tahun 2018 tentang Fasilitas Pembiayaan Perolehan Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Jumlah cicilan yang harus dibayar untuk membeli rumah DP 0 rupiah adalah sebesar Rp2,1 juta hingga Rp2,6 juta dengan bunga ringan sebesar 2,5%. Cicilan tersebut harus dibayar dalam jangka waktu (tenor) selama 15 tahun atau paling lama 20 tahun.

Persyaratan dan Cara Pendaftaran Rumah DP 0 Rupiah di Jakarta

Persyaratan dan Cara Pendaftaran Rumah DP 0 Rupiah di Jakarta
Persyaratan dan Cara Pendaftaran Rumah DP 0 Rupiah di Jakarta

Membeli rumah DP 0 rupiah itu ternyata cukup menyulitkan, ada beberapa persyaratan yang harus anda siapkan. Selain itu anda juga harus melewati uji seleksi terlebih dahulu untuk bisa memiliki rumah DP 0 rupiah tersebut. Berikut Persyaratan dan Cara Pendaftaran Rumah DP 0 Rupiah di Jakarta.

Persyaratan Membeli Rumah DP 0 Rupiah di Jakarta

Persyaratan Umum

  • Calon pembeli yang terpilih (lolos seleksi) wajib memiliki Rekening Bank DKI
  • Mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI Jakarta
  • Calon pembeli sudah tinggal di Jakarta selama 5 tahun
  • Rumah DP 0 rupiah di prioritaskan bagi penduduk yang sudah menikah
  • Penduduk DKI Jakarta yang rajin membayar pajak
  • Penduduk DKI Jakarta yang belum memiliki rumah sendiri dan tidak pernah menerima subsidi rumah
  • Warga DKI Jakarta yang berpenghasilan minimal 4 Juta hingga 7 Juta dalam sebulan

Persyaratan Administrasi

  • Siapkan Kartu Keluarga (KK)
  • Siapkan surat permohonan fasilitas pembiayaan rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR)
  • Siapkan juga Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Saat mengajukan permohonan calon pembeli wajib memiliki KTP DKI Jakarta dan tinggal di jakarta minimal selama 5 tahun
  • Lampirkan surat pernyataan penghasilan, tidak pernah menerima subsidi rumah, belum memiliki rumah sendiri dan surat pernyataan akan menempati rumah
  • Selanjutnya lampirkan surat nikah

Tahap Seleksi Calon Pembeli Rumah DP 0 Rupiah

Setelah persyaratan umum dan persyaratan administrasi dilengkapi, selanjutnya anda akan masuk ke tahap seleksi. Pada tahap ini pihak administrasi akan menyeleksi seberapa besar kebutuhan anda dengan rumah DP 0 rupiah.

  • Verifikasi Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman DKI Jakarta
  • Selanjutnya verifikasi dari Bank DKI
  • Setelah itu akan dilakukan penetapan Daftar Normatif penerima manfaat

Artikel Lainya :


Cara Pendaftaran Pengajaun Rumah DP 0 Rupiah di Jakarta

Persyaratan dan Cara Pendaftaran Rumah DP 0 Rupiah di Jakarta
Persyaratan dan Cara Pendaftaran Rumah DP 0 Rupiah di Jakarta

Untuk melakukan pendaftaran pengajuan rumah DP 0 rupiah di Jakarta sebaiknya pastikan kelengkapan dokumen anda terlebih dahulu. Pendaftaran rumah DP 0 rupiah akan dibuka pada tanggal 01 November 2018.

Pendaftaran Rumah DP 0 rupiah bisa dilakukan secara online di situs resmi Samawa Jakarta. Jika tidak bisa mendaftar secara online, silahkan mendaftar secara langsung di loket Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman yang berada di Jl. Taman Jatibaru No.1, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Atau anda juga bisa mendaftar disetiap kantor bupati terdekat di wilayah jakarta.

Cara Pendaftaran Pengajuan Rumah DP 0 Rupiah Secara Online

  • Silahkan kunjungi situs resmi Samawa jakarta
  • Kemudian siapkan beberapa persyaratan seperti yang sudah disebutkan diatas
  • Download surat pernyataan penghasilan tetap, tidak pernah menerima subsidi rumah, belum memiliki rumah sendiri dan surat pernyataan akan menempati rumah yang ada di website tersebut
  • Selanjutnya silahkan isi surat-surat pernyataan tersebut dan di tanda tangan pada materai 6000
  • Setelah itu silahkan isi formulir pendaftaran yang ada di website samawa jakarta
  • Upload formulir surat permohonan Asli yang sudah anda isi dengan format pdf atau jpg
  • Setelah itu anda akan mendapatkan nomor registrasi
  • Silahkan kirimkan surat formulir permohonan dengan dicantumkan nomor registrasi dan dimasukan ke dalam amplop. Kirimkan surat tersebut ke Unit Fasilitas Pemilikan Rumah Sejahtera
  • Untuk melihat status pengajuan, anda bisa melihatnya melalui sistem di website Samawa Jakarta, Facebook dan instagram dengan cara memasukan nomor registrasi
  • Seluruh surat pernyataan asli diberikan setelah daftar nominatif penerima manfaat terbit

Cara Pendaftaran Pengajuan Rumah DP 0 Rupiah Melalui Loket

Jika pendaftaran rumah DP 0 rupiah tidak bisa dilakukan secara online, silahkan lakukan pendaftaran dengan mendatangi loket Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman yang berada di Jl. Taman Jatibaru No.1, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

  • Siapkan beberapa persyaratan yang sudah disebutkan diatas seperti KTP, KK, NPWP, Surat Nikah dan lain-lain
  • Download surat pernyataan penghasilan tetap, tidak pernah menerima subsidi rumah, belum memiliki rumah sendiri dan surat pernyataan akan menempati rumah yang ada di website Samawa Jakarta
  • Selanjutnya silahkan isi surat-surat pernyataan tersebut dan di tanda tangan pada materai 6000
  • Setelah itu silahkan bawa dan serahkan dokumen dan persyaratan kepada petugas loket
  • Petugas loket akan membantu anda mengisi formulir di website dan mengupload seluruh dokumen dan persyaratan yang di perlukan
  • Kemudian petugas loket akan memberikan anda Nomor Registrasi
  • Seluruh surat pernyataan asli diberikan setelah daftar nominatif penerima manfaat terbit

 

 

Itulah Persyaratan dan Cara Pendaftaran Rumah DP 0 Rupiah di Jakarta yang baru di rilis pada bulan november 2018. Silahkan lakukan pendaftaran dari sekarang untuk mendapatkan rumah DP 0 rupiah ini. Jika anda masih bingung silahkan kunjungi situs resmi Samawa Jakarta untuk informasi selengkapnya.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.