Registrasi Ulang Kartu Prabayar Anda Sebelum di Blokir – Peraturan Kemenkominfo yang terbaru mewajibkan seluruh pengguna kartu prabayar untuk meregistrasikan ulang kartunya per tanggal 31 oktober 2017, dengan menggunakan identitas yang sesuai dengan KTP dan Kartu Keluarga.

Peraturan terbaru ini telah ditetapkan dalam peraturan kemenkominfo nomor 14 tahun 2017. tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi dimana merupakan perubahan Permen nomor 12 Tahun 2016. yang berisi tentang peraturan kewajiban pemilik kartu prabayar untuk meregistrasikan ulang kartunya menggunakan identitas sesuai KTP dan Kartu Keluarga.

Kemenkominfo berharap dengan adanya peraturan baru seperti ini akan menekan jumlah terorisme dan kriminalitas yang selalu merugikan masyarakat, serta akan memudahkan polisi untuk mencari identitas pemilik kartu prabayar tersebut dengan mudah.

Registrasi Ulang Kartu Prabayar Anda Sebelum di Blokir
Registrasi Ulang Kartu Prabayar Anda Sebelum di Blokir

Selain itu, tujuan diadakanya peraturan ini yaitu untuk mendukung program pemerintahan yang di sebut One Single Identity. program One Single Identity ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat karena nantinya semua identitas yang ada pada KTP akan terkoneksi dengan kartu prabayar.

Baca Juga : Cara Meregistrasi Ulang Kartu Prabayar Sesuai Kemenkominfo 2017

Peraturan terbaru ini juga akan membatasi jumlah kepemilikan kartu prabayar yaitu satu KTP maksimal memiliki tiga buah kartu prabayar. jadi jika anda memiliki tiga hp dan tiga kartu prabayar maka anda bisa meregistrasikan ulang ketiga kartunya menggunkan KTP anda.

Jika anda masih berumur 17 tahun dan tidak mempunyai KTP maka anda bisa menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan). Nomor Induk Kependudukan ini bisa anda lihat dari Kartu Keluarga anda.

Untuk warga asing yang tinggal di indonesia dan menggunakan kartu prabayar, maka untuk meregistrasikan ulang kartunya bisa menggunakan KITAP, KITAS dan Paspor. anda bisa menyesuaikan identitas asli anda sesuai yang ada di dalam KITAP, KITAS ataupun Paspor anda.

Untuk meregistrasikan ulang kartu prabayar, anda bisa mulai melakukan registrasinya hari ini dan batasan untuk meregistrasikan kartu prabayar adalah tanggal 29 April 2018. jika anda tidak meregistrasikan ulang kartu prabayar sebelum tanggal 29 April 2018, maka kartu anda akan di blokir dan tidak bisa digunakan lagi. berikut ini adalah tahapan-tahapan sanksi bagi yang tidak meregistrasikan ulang kartu prabayarnya.

  • Batas akhir registrasi yaitu tanggal 28 Februari 2018
  • Pada tanggal 28 Februari hingga 30 Maret 2018, Kartu anda tidak dapat digunakan untuk telepon dan SMS
  • Kemudian pada tanggal 31 Maret hingga 14 April 2018, Kartu anda tidak bisa digunakan lagi untuk telepon, SMS dan juga internet
  • Batas akhir penangguhan registrasi yaitu pada tanggal 14 April hingga 29 April 2018
  • Jika setelah melewati batas penangguhan yaitu pada tanggal 29 April 2018, maka kartu prabayar akan segera di blokir dan tidak dapat digunakan lagi

Save

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here