Tips Aman Berpuasa Saat Hamil dan Pengaruhnya pada Bayi

0
50
Tips Aman Berpuasa Saat Hamil dan Pengaruhnya pada Bayi
Tips Aman Berpuasa Saat Hamil dan Pengaruhnya pada Bayi

Tips Aman Berpuasa Saat Hamil dan Pengaruhnya pada Bayi – Seorang wanita yang sedang hamil muda atau tua tidak di wajibkan untuk berpuasa di bulan ramadhan. Dia bisa mengganti puasanya dengan berpuasa di bulan lainya atau menggantinya dengan cara bersedekah.

Namun, jika ibu hamil tetap ingin berpuasa sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter kandungan supaya dokter dapat memeriksa kesehatan anda dan bayi anda. Jika kesehatan anda dan bayi anda dalam keadaan tidak baik mungkin dokter akan menyarankan anda supaya tidak berpuasa saat hamil.

Keamanan berpuasa saat hamil ditentukan oleh kesehatan bumil dan bayinya. Jika bumil dan bayinya dalam keadaan sehat, dia bisa melakukan puasa dibulan ramadhan dengan aman. Untuk memastikan keamanan berpuasa saat hamil, silahkan baca beberapa tips aman berpuasa saat hamil dibawah ini.


Artikel Terkait :


Tips Aman Berpuasa Saat Hamil dan Pengaruhnya pada Bayi

Tips Aman Berpuasa Saat Hamil dan Pengaruhnya pada Bayi
Tips Aman Berpuasa Saat Hamil dan Pengaruhnya pada Bayi

Tips Aman Berpuasa Saat Hamil

Wanita yang sedang hamil sangat memerlukan banyak energi untuk menjaga kesehatan fisiknya dan juga bayinya. Untuk itu silahkan ikuti beberapa tips aman berpuasa dibawah ini supaya kesehatan anda tetap terjaga saat berpuasa.

1. Membuat Jadwal Menu Makan yang Sehat Setiap Hari

Seorang ibu hamil yang ingin berpuasa dengan aman, sebaiknya lakukan langkah pertama ini. Buatlah jadwal menu makanan yang sehat dengan asupan gizi yang seimbang setiap hari. Saat makan sahur dan berbuka puasa, makanlah makanan yang sehat seperti sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, telur dan daging. Selanjutnya minum juga suplemen ibu hamil seperti suplemen yang mengandung zat besi untuk menjaga stamina bumil selama berpuasa.

2. Banyak Minum Air Putih

Untuk mencegah dehidrasi selama berpuasa, sebaiknya ibu hamil memperbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka puasa. Hindarilah minum-minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi. Minuman yang mengandung kafein dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi selama berpuasa. Jika anda masih ingin meminum-minuman yang mengandung kafein, sangat disarankan untuk meminumnya tidak lebih dari 200mg dalam sehari.

3. Banyak Istirahat

Jika ibu hamil sedang berpuasa sambil bekerja atau melakukan aktivitas lain, sebaiknya perbanyaklah istirahat. Karena ibu hamil yang berpuasa berbeda dengan orang yang tidak berpuasa, Bumil yang sedang berpuasa mempunyai hormon stres kortisol yang lebih tinggi.

4. Jangan Makan Terlalu Cepat

Ketika berpuasa sistem pencernaan akan bekerja lebih lambat dari biasanya. Jadi sebaiknya ibu hamil yang sedang berpuasa jangan makan terburu-buru ketika berbuka ataupun sahur. Makanlah dengan santai mulai dari meminum air putih atau jus, makan-makanan ringan dan kemudian makan besar.

5. Hindari Makanan Pedas Saat Berpuasa

Untuk ibu hamil yang ingin berpuasa sebaiknya hindarilah makanan-makanan yang pedas. Makan-makanan yang pedas untuk ibu hamil dapat menyebabkan kontraksi. Selain itu makanan pedas juga dapat menyebabkan diare dan sakit perut.

6. Makan Kurma Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Buah kurma sangat bermanfaat untuk mengontrol gerak rahim karena buah kurma mengandung vitamin B1. Jadi buah kurma sangat baik dikonsumsi ibu hamil untuk menjaga pertumbuhan bayinya. Buah kurma ini dapat anda konsumsi selama berpuasa, yaitu saat sahur dan berbuka puasa.

Pengaruh Ibu Hamil yang Berpuasa Pada Bayinya

Tips Aman Berpuasa Saat Hamil dan Pengaruhnya pada Bayi
Tips Aman Berpuasa Saat Hamil dan Pengaruhnya pada Bayi

Ibu hamil yang sedang berpuasa tidak akan berpengaruh negatif pada bayinya. Selama ibu hamil tersebut bisa menjaga kesehatannya dengan asupan nutrisi yang cukup, bayi yang ada dalam kandunganya pun akan ikut sehat.

Namun, ada satu penelitian yang mengatakan bahwa bayi yang ada dalam kandungan bisa lahir dengan berat badan yang kurang. Terutama jika ibu hamil tersebut melakukan puasa pada awal trimester kehamilan.

Jadi jika anda ingin menjalankan puasa sebaiknya periksakan diri anda terlebih dahulu kepada dokter. Jika anda tidak memeriksa kesehatan terlebih dahulu, anda mungkin bisa terkena beberapa masalah seperti anemia, mual, lemas, lemah, dehidrasi, sakit kepala, detak jantung yang tidak beraturan dan sakit perut selama berpuasa.

Ketika ibu hamil yang berpuasa terkena beberapa masalah seperti diatas, sebaiknya segera berbuka puasa pada waktu itu juga. Jika di paksakan kondisi kesehatan anda dan bayi anda bisa memburuk. Jika kondisi anda tidak membaik segera pergi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.