Tips dan Cara Memulai Bisnis Investasi Rumah Kontrakan

0
54
Tips dan Cara Memulai Bisnis Investasi Rumah Kontrakan

Tips dan Cara Memulai Bisnis Investasi Rumah Kontrakan – Investasi rumah kontrakan merupakan bisnis properti yang sedang populer saat ini. Banyak orang menginvestasikan uangnya untuk memulai bisnis rumah kontrakan tersebut.

Bisnis properti atau rumah kontrakan bisa menghasilkan profit yang sangat besar jika anda menjalaninya dengan benar. Untuk itu sebelum anda terjun ke dunia bisnis properti sebaiknya pelajari beberapa Tips dan Cara Memulai Bisnis Investasi Rumah Kontrakan terlebih dahulu.

Jika anda memulai bisnis properti tanpa pengetahuan yang cukup, bisa-bisa anda mendapatkan kerugian yang cukup besar. Anda bisa tertipu oleh penjual lain yang menawarkan propertinya kepada anda dengan harga yang terbilang cukup mahal.

Selain untuk mendapatkan profit yang besar, bisnis investasi rumah kontrakan juga dapat membantu masyarakat yang belum mempunyai rumah sendiri. Saat ini masih banyak warga indonesia yang tidak memiliki hunian sendiri, seperti orang yang mempunyai penghasilan rendah dan orang yang bekerja diluar kota yang membutuhkan rumah kontrakan atau kos-kosan.

Bisnis kontrakan bisa dimulai dengan cara mengumpulkan uang atau menabung dari penghasilan kerja sebelumnya. Jika anda seorang karyawan anda bisa memulai menabung dari sekarang dan memikirkan ide untuk memulai bisnis properti tersebut. Anda juga pasti berpikir bahwa anda tidak akan selamanya bekerja di perusahaan orang lain.

Untuk itu mulailah dari sekarang untuk menabung dan memikirkan ide bagaimana cara memulai bisnis properti supaya tidak gagal. Pelajari terlebih dahulu beberapa Tips dan Cara Memulai Bisnis Investasi Rumah Kontrakan sebelum anda terjun ke dunia bisnis properti tersebut.

Tips dan Cara Memulai Bisnis Investasi Rumah Kontrakan

Tips dan Cara Memulai Bisnis Investasi Rumah Kontrakan
Tips dan Cara Memulai Bisnis Investasi Rumah Kontrakan

Untuk membuat bisnis investasi kontrakan anda berjalan baik, anda harus banyak mempelajari harga kontrakan, lokasi kontrakan dan target market. Jika anda tidak teliti dalam memilih properti, anda bisa mendapatkan kerugian yang dapat membuat bisnis anda gagal. Silahkan simak beberapa tips untuk memulai bisnis investasi rumah kontrakan :

1. Lokasi yang Strategis

Sebelum menentukan lokasi untuk membangun bisnis investasi rumah kontrakan, sebaiknya perhatikan lokasi tersebut apakah dekat dengan sebuah perusahaan, industri, rumah sakit, sekolahan dan jalan raya.

Biasanya karyawan yang bekerja dari luar kota sangat membutuhkan kontrakan yang dekat dengan lokasi perusahaan perkantoran tempat mereka bekerja. Jika anda membangun kontrakan anda pada tempat yang strategis, maka kontrakan anda pasti akan banyak peminatnya. Tapi jika anda membuat kontrakan jauh dari lokasi yang strategis mungkin kontrakan anda akan sepi peminat.

2. Survei Harga Kontrakan

Sebelum memulai investasi rumah kontrakan, silahkan lakukan terlebih dahulu survei harga tanah dan harga kontrakan dilokasi yang ingin anda bangun. Survei harga yang benar dapat meringankan beban modal anda untuk membangun rumah kontrakan.

Selanjutnya jika anda ingin menyewakan rumah kontrakan sebaiknya dilakukan survei harga terlebih dahulu. Survei harga sewa kontrakan yang tepat bisa membuat calon penyewa banyak yang berminat. Tapi jika anda memasang harga sewa yang terlalu mahal mungkin calon penyewa tidak akan mau menyewa tempat tinggal di kontrakan anda.

3. Membuat Denah Kontrakan yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Sebelum membangun bisnis kontrakan sebaiknya anda pikirkan terlebih dahulu mengenai denah kontrakan yang anda bangun. Jika anda bingung merencanakan pembuatan denah kontrakan, anda bisa survei denah kontrakan orang lain yang mempunyai banyak penyewa. Dengan melakukan survei anda bisa merencanakan kebutuhan yang customer anda butuhkan.

4. Sumber Air yang Bersih dan Lancar

Biasanya setelah melihat kontrakan customer akan melihat kamar mandi yang ada di dalam kontrakan tersebut. Customer pasti akan menanyakan apakah airnya bersih dan juga lancar. Pertanyaan tersebut sering diabaikan oleh pemilik kontrakan karena merasa tidak terlalu penting, padahal kamar mandi merupakan nilai tambah yang disukai oleh customer.


Artikel Lainya :


Untuk itu sebagai pemilik kontrakan sebaiknya anda lebih memperhatikan kamar mandi kontrakan anda. Jagalah kamar mandi kontrakan untuk tetap bersih dan mempunyai air yang bersih dan juga lancar.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Investasi Kontrakan

Tips dan Cara Memulai Bisnis Investasi Rumah Kontrakan
Tips dan Cara Memulai Bisnis Investasi Rumah Kontrakan

Setiap bisnis investasi pasti akan memiliki kelebihan dan kekuranganya. Untuk itu sebelum terjun ke dunia investasi sebaiknya anda perhatikan beberapa kelebihan dan kekurangan bisnis investasi kontrakan supaya anda tidak mengalami kerugian yang cukup besar.

Kelebihan Bisnis Investasi Kontrakan

Ada banyak keuntungan yang akan anda dapatkan dari bisnis investasi kontrakan jika anda menjalankanya dengan benar. Berikut beberapa keuntungan dari bisnis investasi kontrakan.

1. Harga Sewa Kontrakan Semakin Naik Tiap Tahun

Keuntungan dari bisnis investasi kontrakan adalah harga sewa kontrakan selalu naik setiap tahunya. Penyebab kenaikan harga sewa kontrakan tiap tahunya yaitu karena harga kontrakan mengikuti harga pasaran rumah. Kenaikan harga kontrakan juga harus diikuti dengan kondisi rumah kontrakan, lokasi rumah kontrakan dan fasilitas-fasilitas yang ada di kontrakan tersebut.

2. Perawatan Kontrakan

Keuntungan lainya yang akan didapatkan oleh pemilik kontrakan yaitu perawatan kontrakan. Biasanya perawatan kontrakan akan dibebankan kepada penyewa. Perawatan-perawatan yang dimaksud adalah perawatan ringan seperti, dekorasi, cat kontrakan, atau membuat hiasan lainya.

3. Keuntungan Modal yang Sangat Besar

Keuntungan Modal (Capital Gain) dari investasi rumah kontrakan sangat besar jika dibandingkan dengan investasi lainya seperti investasi tanah. Investasi rumah kontrakan sangat menguntungkan karena memiliki banyak manfaat, diantaranya bisa digunakan sebagai Agunan jika anda ingin meminjam dana ke Bank, atau bisa dijadikan tempat usaha yang dapat menambah capital gain anda semakin besar.

Sementara itu jika anda berinvestasi tanah (tanah kosong) anda hanya akan mendapatkan Capital gain yang relatif kecil, karena tanah kosong tidak terlalu mempunyai banyak manfaat yang dapat menambah capital gain anda. Tetapi tanah juga dapat anda manfaatkan untuk disewakan kepada orang lain yang ingin membuka usaha.

4. Tidak Pernah Sepi Peminat

Seiring berjalanya waktu penyewa kontrakan akan semakin banyak. Penyebabnya karena masih belum mempunyai biaya untuk membeli rumah sendiri dan kontrakan merupakan alternatif sementara untuk dijadikan tempat tinggal. Namun sebagai pebisnis rumah kontrakan anda harus lebih mengutamakan kenyamanan penyewa, yaitu mulai dari bangunan, kebersihan, keindahan dan tempat yang strategis. Jika kontrakan anda seperti itu pasti tidak akan pernah sepi peminat.

Kekurangan Bisnis Investasi Rumah Kontrakan

Setiap bisnis investasi yang di jalani pasti akan memiliki kekurangan yang dapat merugikan bisnis anda. Untuk itu sebelum terjun ke dunia investasi rumah kontrakan sebaiknya anda perhatikan beberapa kekurangan berikut ini supaya anda dapat mencegahnya dikemudian hari.

1. Kontrakan di Salah Gunakan

Kekurangan yang paling merugikan adalah kontrakan sering disalah gunakan oleh penyewa. Misalnya penyewa diam-diam menjual hal-hal yang terlarang, dijadikan tempat berkumpul wanita dan laki-laki, dijadikan tempat untuk minum-minum atau hal negatif lainya yang dapat merugikan kontrakan.

Jika kontrakan anda terbukti seperti itu, maka bisa saja kontrakan anda akan di tutup dan tidak bisa digunakan lagi. Selain itu anda juga sebagai pemilik kontrakan akan dimintai denda karena tidak bisa menjaga kontrakan. Untuk mencegah hal itu terjadi sebaiknya selalu perhatikan kontrakan anda setiap hari supaya bisa mengontrol aktivitas penyewa kontrakan.

2. Waktu Sewa Rumah Kontrakan Tidak Lama

Rumah kontrakan biasanya akan disewakan selama beberapa tahun atau sesuai dengan keinginan penyewa. Jika penyewa hanya akan tinggal dikontrakan selama 1 tahun, maka kontrakan anda setelah 1 tahun tersebut akan kosong. Jadi anda harus mencari penyewa baru yang ingin tinggal dikontrakan anda. Jika kontrakan anda terus kosong maka anda tidak akan mendapatkan keuntungan dari bisnis investasi kontrakan anda.

3. Kontrakan Tidak Terawat

Resiko lain dari bisnis investasi rumah kontrakan yaitu mendapatkan penyewa yang tidak bisa merawat tempat tinggalnya (kontrakan). Penyewa biasanya selalu merasa segala kerusakan yang dia buat di kontrakan akan di tanggung oleh pemilik kontrakan. Untuk mencegah hal ini terjadi sebaiknya anda harus lebih selektif dalam memilih calon penyewa kontrakan.

 

Itulah beberapa Tips dan Cara Memulai Bisnis Investasi Rumah Kontrakan yang dapat membantu anda memulai bisnis investasi properti. Selalu utamakanlah konsumen supaya kontrakan anda dapat menghasilkan keuntungan yang diharapkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.