Waspada Virus Android yang Menguras Tabungan Anda

1
213
Waspada Virus Android yang Menguras Tabungan Anda

Waspada Virus Android yang Menguras Tabungan Anda, Berhati-hatilah ketika anda sedang browsing di smartphone android anda atau mendownload aplikasi yang bukan dari tempat resminya. bisa-bisa anda terkena virus yang bisa menguras uang di tabungan anda.

Jika anda sedang melakukan browsing ata download kemudian tiba-tiba anda menerima saran untuk mengunduh sebaiknya anda lihat dulu apa yang akan di unduh itu sama seperti yang anda inginkan atau malah berbeda. misalnya anda bisa melihat dari jenis filenya. contohnya jika anda ingin mendownload sebuah video kemudian tiba-tiba muncul saran download, nah disitu anda bisa lihat jenis filenya apa? jika jenis filenya apk berarti itu bukan video yang ingin anda download. tidak ada video yang mempunyai jenis atau format APK.

Waspada Virus Android yang Menguras Tabungan Anda

Ada  sebuah kelompok peretas yang menciptakan virus jahat atau malware yang dapat menguras uang dari rekening bank di android anda. kelompok yang mempunyai kode nama Cron itu telah menyebarkan virus jahatnya di russia virus tersebut sempat menjangkit beberapa smartphone android di russia.

Virus jahat ini bekerja dengan cara menyamar menjadi aplikasi dan menjadi web clients pornografi. ketika pengguna android ini sedang browsing atau mendownload tiba-tiba muncul saran download, kemudian jika pengguna android ini mengklik atau mendownload file tersebut maka virus jahat ini akan langsung masuk ke android anda.

Jika virus ini sudah masuk maka kemudian virus ini secara diam-diam akan menguras rekening bank anda, dan anda tidak akan tahu apa yang terjadi dengan rekening bank anda karena virus jahat ini mampu menonaktifkan notifikasi di android anda.

Waspada Virus Android yang Menguras Tabungan Anda

Menurut sebuah perusahaan keamanan cyber yang bernama Group-IB menyebutkan bahwa virus jahat ini telah berhasil menginfeksi lebih dari 1 juta smartphone di russia. virus jahat ini menginfeksi smartphone dengan kecepatan lebih dari 3.500 unti smartphone dalam sehari.

Menurut Dimitry Volkov, “ada dua hal yang membuat cron sukses menyerang banyak orang, pertama adalah program distribusinya yang berskala besar dan variatif. yang kedua adalah otomatisasi smartphone yang membuat mereka tidak harus terlibat secara langsung.”

Virus jahat ini bekerja melalui layanan SMS, virus jahat ini menyuruh korbanya untuk mentransferkan uang ke beberapa rekening palsu milik cron sebanyak 120 dollar As. kemudian virus jahat ini akan mematikan notifikasi dan konfirmasi yang akan memberitahukan aktifitas di rekening bank anda. anda tidak akan menerima notifikasi dan konfirmasi setelah virusnya mematikan fitur tersebut.

 

1 KOMENTAR

  1. Admiring the hard work you put into your website and
    in depth information you provide. It’s nice to come across a blog
    every once in a while that isn’t the same old rehashed information.
    Great read! I’ve saved your site and I’m adding your RSS feeds to my
    Google account.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here